Home PENDIDIKAN TK IT Al Hikmah Peringati Hari Ayah, Ayahku Inspirasiku 

TK IT Al Hikmah Peringati Hari Ayah, Ayahku Inspirasiku 

0
SHARE
INTERAKSI: Ayah dan anak berinteraksi saat memperingati Hari Ayah yang dilaksanakan TK IT Al Hikmah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel, pekan lalu. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

CIPUTAT – Meski tak sepopuler Hari Ibu, Hari Ayah atau Fathers Day rupanya tak luput dari perhatian siswa dan siswi TK Islam Terpadu (IT) Al Hikmah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel. Pihak sekolah menggelar acara itu kemarin dengan tema ‘My Father My Inspiration’, orangtua tiap siswa diundang untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, kemarin.

Pemandangan mengundang haru pun dimulai. Anak-anak diminta menunjukkan rasa cinta dan baktinya kepada orangtua laki-laki mereka. Dengan penuh kehangatan, anak-anak tersebut memeluk ayah mereka sambil mengucapkan ‘Ayahku Inspirasiku’.

Kepala TK IT Al Hikmah, Ifat Latifah S.pd, menuturkan, pihak sekolah sengaja menggelar acara tersebut, karena banyak kalangan yang tidak tahu adanya Hari Ayah. Padahal selain ibu yang bertugas mengurus rumah tangga, ada ayah yang mencari nafkah untuk keluarga.

“Selama ini banyak orang tidak tahu tengan adanya Hari Ayah. Padahal ayah berjasa di tengah keluarga,” ujar Ifat, disela-sela kegiatan Fathers Day.

Lebih lanjut Ifat menuturkan, Fathers Day merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahunnnya di TK IT Al Hikmah. Kegiatan ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi diantara orangtua, guru dan yayasan penyelenggaran pendidikan.

“Program ini dilaksanakan untuk dapat menyamakan persepsi bahwa pendidikan anak usia dini merupakan tugas utama orang tua, dan orangtua di sini adalah ayah dan bunda. Guru hanya sebagai pendamping di sekolah ,” tegas Ifat.

Sementara itu, Hamdan, perwakilan orang tua siswa TK IT Al Hikmah, merasa terharu mengikuti kegiatan Fathers Day. Kata Hamdan, program yang memberi makna betapa ayah sangat penting bagi anak-anaknya. Karena ayah adalah model bagi anak-anaknyanya. Bagi anak-anak laki, kehadiran ayah akan menjaganya bagaimana mereka mengendalikan agresivitas.

Sedangkan bagi anak perempuan, ayah menjadi model bagaimana laki-laki yang baik itu hadir dan kasih sayang ayah sangat ia butuhkan. Sehingga kelak ketika dewasa ia memahaminya dan tidak mencari kasih sayang yang salah dari laki-laki yang tidak bertanggung jawab.

“Hubungan ayah dengan anak tidak hanya sekedar formalitas salim serta minta uang saja. Karena peran ayah dalam mendidik anak tidak kalah pentingnya dengan ibu,” tegas Hamdan. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here