Home PENDIDIKAN Voli Ball School Club Pakuhaji, Mencetak Atlet Voli Berprestasi

Voli Ball School Club Pakuhaji, Mencetak Atlet Voli Berprestasi

0
SHARE
SOLID: Tim Voli Ball School Club Pakuhaji, Kabupaten Tangerang berpose bersama usai mengikuti latihan, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI — Voli Ball School Club Pakuhaji, Kabupaten Tangerang memiliki atlet voli pelajar berprestasi. Hal itu terbukti dengan deretan prestasi yang berhasil diraih. Prestasi terakhir club voli tersebut untuk meraih hatcrik (tiga kali berturut-turut-red) yakni tampil sebagai juara pada turnamen voli antar-pelajar se-Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang.

Club voli ini pun layak disebut juara sejati, di mana mereka jarang menderita kekalahan sepanjang turnamen. Bahkan, mereka selalu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan straigh set. Hal tersebut yang membuat tim-tim lawan menakuti tim ini.

“Menjuarai turnamen tingkat pelajar se-Kabupaten Tangerang adalah pencapaian yang sangat prestisius, mengingat ini turnamen terbesar tingkat pelajar yang telah diraih untuk ketiga kalinya” ujar P. Rudi, pelatih Voli Ball School Club Pakuhaji.

Lebih lanjut Rudi, yang merupakan Ketua Bapopsi Kecamatan Pakuhaji menuturkan, anak didiknya saat tidak hanya siswa SMA sederajat. Siswa SD maupun SMP yang mengikuti latihan cukup banyak. Hanya saja menu latihanya dibedakan, tentunya disesuaikan usia anak-anak.

Untuk siswa SD, lebih kepada pengenalan permainan voli. Rudi mengajarkan minimal anak-anak SD menyukai permainan voli, jika mereka sudah menyukainya, maka akan giat berlatih dan akan menjadi juara.

Sedangkan untuk pelajar tingkatan SMP sederajat, pola latihan lebih kepada daya tahan, kekuatan, kelincahan atau fisik sekitar 30 persen. Pada Teknik latihan porsisnya lebih banyak sekitar 70 persen.

Akan berbeda pada saat latihan fisik kekuatan untuk SMP. Disekitar 70 persen fokus di latihan strength, endurance, ability, balance, selebihnya teknik dasar.

Begitu juga lanjut Rudi akan berbeda pola latihan anak-anak SMA sederajat. Menu latihan mereka lebih kepada daya tahan, kekuatan, kelincahan atau fisik sebanyak 40 persen. Sedangkan teknik lebih tinggi 60 persen.

“Dari pola latihan seperti itu, mampu menghasilkan bibit muda atlet pelajar yang berkualitas. Terbukti kami selalu unggul dalam turnamen voli tingkat Kabupaten Tangerang,” ungkap Rudi.

Ia berharap pihak sekolah terus mendukung program pembinaan olahraga voli di sekolah, sehingga ke depan Voli Ball School Club Pakuhaji terus berkembang dalam mencetak atlet pelajar pada cabang olahraga bola voli. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here