Home BANTEN 13 Pejabat Eselon III Ikut Assesment, Jangan Ada Intervensi

13 Pejabat Eselon III Ikut Assesment, Jangan Ada Intervensi

0
SHARE
ASSESSMENT: Sebanyak 13 pejabat eselon III mengikuti tes assessment di hari pertama di salah satu hotel di Kabupaten Serang, Rabu (22/5). FOTO: Syirojul Umam/Banten Ekspres

SERANG – Sebanyak 13 pejabat eselon III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mengikuti assesment pada lelang tiga jabatan eselon II pemda setempat di salah satu hotel di Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Rabu-Kamis (22-23/5). Ketiga jabatan yaitu Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Serang.

Sebanyak 13 peserta yang mengikuti lelang jabatan esellon II itu dengan rincian sebagai berikut. Untuk Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Serang, peserta yang ikut yakni Wawan Setiawan, Ade Hadhi Sukalta, Benny Yuarsa, Nanang Supriatna, Rudiyanto, Haryadi, dan Ajat Sudrajat. Untuk Kepala Diskominfosantik Kabupaten Serang yaitu M. Furqon Syafiudin, Wawan Setiawan, Anas Dwi Satya Prasadya, dan Epi Priatna. Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Serang, yaitu yakni Ajat Sudrajat, Sarudin, Okeu Oktaviana, dan Rachmat Maulana.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang, Surtaman saat ditemui di lokasi assessment, Rabu (22/5).

“Untuk hari pertama, para peserta akan menjalankan tes psikologi dan kedua menjalani uji kompetensi. Alhamdulillah pada hari ini semuanya hadir, tidak ada yang absen, dan peserta langsung menjalani tes psikologi,” katanya kepada wartawan.

Dia menjelaskan, assesment tes psikologi itu menggambarkan potensi atau kecenderungan peserta tersebut terhadap jabatan dan kemampuan yang dimiliki. Sementara untuk uji kompetensi itu penilaian seorang pejabat layak atau tidak dalam menduduki jabatan yang diminati.

“Masing-masing tes akan ada penilaian apakah mereka layak menduduki jabatan itu. Nanti hari Jumat  ada penilaian makalah, kemudian Sabtu penilaian rekam jejak dan Senin dan Selasa wawancara,” ujarnya.

Menurut Surtaman, dalam assessment tersebut, pihaknya menargetkan rampung sebelum hari Raya Idul Fitri. Hasil assessment dijadwalkan akan keluar pada 29 Mei mendatang. “Target kita sebelum lebaran, setelah ini kan kita paling nunggu hasilnya yang di jadwal awal tanggal 29, tapi itu belum pasti, bisa saja mungkin habis lebaran,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang, Muhammad Novi meminta agar proses lelang jabatan tersebut dilakukan secara profesional dan terbuka, sehingga menghasilkan pejabat yang benar-benar kompeten di bidang tersebut. “Jangan sampai ada intervensi dan pihak manapun, tapi kami yakin proses ini dilakukan secara profesional,” katanya.

Sementara itu, bagi pejabat yang nantinya terpilih, dirinya berharap dapat memberikan efek dan perubahan yang baik bagi OPD yang dipimpinnya. “Memang saat ini di Kabupaten Serang banyak yang kosong pejabatnya, makanya kami harap bisa diisi dan juga bisa bersinergi bersama kami,” paparnya. (mam/tnt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here