Home BANTEN Menghias Kampung Pasir Lor dengan Bambu

Menghias Kampung Pasir Lor dengan Bambu

0
SHARE

MANCAK – Bambu. Batang tanaman ini menjadi bahan baku utama untuk menghias lingkungan RT 09 RW 04, Kampung Pasir Lor, Desa Sigedong, Kecamatan Mancak. Warga kampung ini bebas menuangkan kreativitasnya, menggunakan bambu untuk menyulap kampung mereka menjadi bersih dan aman.

Koordinator persiapan Lomba Kampung Bersih dan Aman di Kampung Pasir Lor, Miftahudin mengaku bahwa, saat ini, lingkungannya telah berubah. Pasir Lor kini, lebih bersih, indah, dan asri. Nuansa itu sudah bisa ditemukan begitu memasuki perkampungan ini.

Gapura yang cukup cantik langsung menyambut siapa saja yang akan memasuki lingkungan Pasir Lor. Gapura ini dibuat warga dari bambu. Untuk menyambut lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu, warga memasang spanduk dengan tulisan “SELAMAT DATANG DI KAMPUNG PASIR LOR, RT 09 RW 04M DESA SIGEDING, KECAMATAN MANCAK, DALAM RANGKA LOMBA KAMPUNG BERSIH DAN AMAN TINGKAT KABUPATEN SERANG TAHUN 2019” di bagian atas gapura.

Kemudian, di pinggir jalan masuknya, berjejer pagar bambu yang telah dicat oleh warga. Pagar bambu ini dipasang hingga sudut-sudut kampung. Pemasangan pagar bambu ini inisiatif warga agar lingkungannya lebih rapi.

“Wujud kreativitas warga itu dituangkan untuk menata lingkungan mereka. Dari bahan bambu, warga juga menyulapnya menjadi hiasan lampu yang dipasang di setiap jalan. Termasuk melakukan penghijauan dengan memadati halaman rumah warga dengan tanaman,” ungkap Miftahudin kepada Radar Banten, Kamis (19/9). “Untuk menghias kampung agar sedap dipandang, warga juga mengecat jalan sebagai pembatas arah. Untuk mempercantik kampung , pemuda menuangkan kreativitasnya dengan menyulap bambu menjadi hiasan lampu yang dipasang di setiap jalan. Termasuk melakukan penghijauan dengan memadati halaman rumah warga dengan tanaman,” tambah tokoh Pemuda Kampung Pasir Lor ini.

Menurut Miftahudin, penataan lingkungan RT 09 RW 04 ini dilakukan warga secara swadaya. Warga rela menyisihkan sebagian uangnya untuk kampung mereka. Warga melakukannya untuk menjaga kekompakan mereka.

“Sebagai peserta Lomba Kampung Bersih dan Aman, Kampung Pasir Lor sampai saat ini masih fokus pada pengerjaan fisik kampung yang sudah dikerjakan sekitar 60 persen,” katanya.

Ketua RT 09 RW 04, Kampung Pasir Lor, Saniman menambahkan, keamanan lingkungannya cukup terjamin. Warga bergiliran melaksanakan siskamling setiap hari. Portal pun dipasang di depan pos ronda.

“Setiap warga dari luar kampung yang masuk ke Pasir Lor wajib lapor dan menjelaskan maksud kedatanganya,” tegas Saniman.

Untuk mencegah pemuda Pasir Lor berbuat negatif, kegiatan olahraga diaktifkan. Pengajian mingguan juga selalu diikuti oleh ibu-ibu Pasir Lor.

“Keamanan yang sudah terjaga di Kampung Pasir Lor tidak terlepas dari peran babinsa dan bhabinkamtibmas di Mancak,” tambahnya. (jay/ang/don)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here