Home BANTEN Baru Ciberuk Ditargetkan Jadi Kampung Sehat

Baru Ciberuk Ditargetkan Jadi Kampung Sehat

0
SHARE

GUNUNGSARI – Bagi Pemerintah Desa Gunungsari, ajang lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019, dijadikan sebagai momen menargetkan Kampung Baru Ciberuk, RW 03 menjadi kampung sehat dengan indikator tingkat kebersihan lingkungan yang baik.

Berlokasi di kawasan pedalaman hutan Kecamatan Gunungsari, Kampung Baru Ciberuk memiliki suasana lingkungan yang hijau, asri, dan sejuk. Hal itu bakal dimaksimalkan dengan peningkatan kebersihan lingkungan. Kampung tersebut dihuni 200 penduduk dari 60 kepala keluarga (KK).

Kepala Desa Gunungsari, Maksum mengatakan, meski pihaknya belum mendapat arahan lanjutan dari Camat Gunungsari Amirudin soal persiapan lomba Kampung Bersih dan Aman, namun gotong royong membersihkan lingkungan akan segera dilakukan hari Minggu depan (29/9). “Kan tujuan dari kebersihan dan keamanan itu menciptakan kesehatan warga. Jadi kita targetkan kampung sehat,” katanya.

Maksum menambahkan, kampung sehat di Baru Ciberuk sendiri maksudnya terbebas dari penyakit, baik penyakit yang ditimbulkan dari lingkungan kotor, maupun dari bahaya penyebaran narkoba. “Alhamdulillah kita juga sering koordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas,” akunya.

Namun Maksum mengakui jika Kampung Baru Ciberuk belum bisa memenuhi empat persyaratan lomba Kampung Bersih dan Aman. Yakni setiap RW harus memiliki tempat pembuangan sampah (TPS), sistem keamanan lingkungan (Siskamling), kelompok sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan. “Kita baru punya siskamling dengan tiga pos ronda,” katanya.

Maksum berjanji akan segera melengkapi empat persyaratan lomba tersebut. Pihaknya akan mengumpulkan pemuda untuk diminta membentuk kelompok sadar hukum dan menggerakkan warga untuk gotong royong. “Nanti pasti pelaksanaannya dibantu Babinsa juga,” katanya.

Sementara itu, Mono, warga Kampung Baru Ciberuk mengaku siap menerima perintah dari Pemerintah Desa Gunungsari untuk gotong royong dan menghias kampung. “Kalau ada arahan, pasti kami langsung kompak, kan lumayan kalau menang mah bisa buat warga juga hasilnya,” akunya. (mg06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here