Home TANGERANG HUB Jambore UKS, Cetak Agen PHBS

Jambore UKS, Cetak Agen PHBS

0
SHARE
BUKA ACARA: Wakil Wlaikota Benyamin Davnie membuka jambore UKS yang digelar Dinkes Kota Tangsel, di Puspiptek, Setu, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SETU-Dinas Kesehatan Kota Tangsel menggelar Jambore Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspiptek, Setu, Rabu (9/10). Jambore tersebut melibatkan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sebanyak 49 pelajar turut serta dalam Jambore UKS. Mereka mengikuti lima kategori yang dilombakan yakni, lomba cerdas cermat, story telling, poster, KKR dan dokter kecil. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel Iin Sofiawati mengatakan, jambore tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada anak didik di bidang kesehatan.

“UKS harus terus ditingkatkan agar dapat membentuk sekolah yang sehat dan pelajar yang berkualitas,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (9/10).

Iin menambahkan, dengan belajar kesehatan dan pembinaan kesehatan sejak dini maka mendorong anak didik untuk mengikuti proses belajar dan mengajar dengan baik.
Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membangun karakter anak yang berkualitas dan berakhlak mulia serta mendorong tumbuh kembang anak sehat dan berprestasi.

Anak-anak sejak dini dilibatkan untuk memberikan kontribusi positif dalam pembangunan kesehatan. Jambore UKS juga untuk mencari bibit bakal calon pemerhati kesehatan, menyiapkan kader kesehatan dari seluruh tingkatan sekolah, meningkatkan potensi peran dokter kecil dan KKR.

“Serta pengetahuan dan ketrampilan, tentang kesehatan di sekolah. Ini selaras dengan tujuan UKS, yakni meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat,” tambahnya.

Masih menurutnya, bagi pemenang lomba di tingkat Kota Tangsel, nantinya akan dikirimkan ke Jambore UKS Tingkat Provinsi Banten. “Harapannya, yang terbaik lah yang akan mewakili Kota Tangsel nantinya,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus dimulai sejak dini. Kader UKS tersebut nantinya yang akan menjadi agen di sekolah masing-masing, khususnya untuk menerapkan PHBS kepada warga sekolah.

“Jambore UKS ini diselenggarakan sebagai upaya menumbuhkan dan menanamkan bidang kesehatan sejak dini,” ujarnya.

Pak Ben menambahkan, UKS harus terus ditingkatkan agar dapat menbentuk sekolah yang sehat dan pelajar yang berkualitas. Dengan belajar kesehatan dan pembinaan kesehatan sejak dini maka mendorong anak didik untuk mengikuti proses belajar dan mengajar dengan baik.

“Melalui kegiatan ini dapat terbangun karakter anak yang berkualitas dan berakhlak mulia serta mendorong tumbuh kembang anak sehat dan berprestasi. Anak-anak sejak dini dilibatkan untuk memberikan kontribusi positif dalam pembangunan kesehatan,” tambahnya.

Jambore UKS juga untuk mencari bibit bakal calon pemerhati kesehatan, menyiapkan kader kesehatan dari seluruh tingkatan sekolah, meningkatkan potensi peran dokter kecil dan KKR.

“Serta pengetahuan dan ketrampilan, tentang kesehatan di sekolah. Ini selaras dengan tujuan UKS, yakni meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here