Beranda Uncategorized Pelajar Alami Gangguan Mata, Lions Club dan PT Indah Kiat Layangkan Bantuan

Pelajar Alami Gangguan Mata, Lions Club dan PT Indah Kiat Layangkan Bantuan

0
BERBAGI
PEMBERIAN BANTUAN SECARA SIMBOLIS : Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa memberikan kacamata gratis kepada siswa SD di Kecamatan Kragilan, pada acara pemeriksaan mata dan kacamata gratis di SMPN I Kragilan, Senin (12/12).

SERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, menjadi sorotan lantaran terdapat beberapa anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mengalami gangguan penglihatan. Oleh karena itu, Lions Club Indonesia District 307 A1 bekerjasama dengan PT Indah Kiat Pulp and Paper, melayangkan bantuan berupa pemeriksaan mata dan kacamata gratis kepada para pelajar.

Gubernur Lions Club District 307 A1, Reiny Z Arifin mengatakan, bantuan pemeriksaan mata dan kacamata gratis ini merupakan program Lions Club yang dilakukan setiap tahunnya, karena kesehatan mata merupakan salah satu program fokus utama yang dilakukannya. Tahun ini, pihaknya memilih sekolah di Kecamatan Kragilan untuk diberikan bantuan berupa pemeriksaan mata dan kacamata gratis.

“Di Kecamatan Kragilan, kurang lebih ada 300 kacamata yang kami bagikan bersama PT Indah Kiat Pulp and Paper. Sedangkan, untuk pemeriksaan mata hasilnya ada 25 persen siswa khusus kelas lima SD dan siswa SMP yang rata-rata memerlukan kacamata,” katanya kepada wartawan usai acara pemberian bantuan pemeriksaan mata dan kacamata gratis untuk siswa kelas lima SD dan siswa SMP se Kecamatan Kragilan, di SMPN I Kragilan, Senin (12/12).

Reiny mengatakan, penyebab penglihatan mata anak berkurang dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya, penggunaan Handphone yang berlebihan, kurangnya asupan gizi pada mata, serta adanya keturunan dari orangtuanya. Setelah pemeriksaan mata, hasilnya ada 25 persen siswa membutuhkan kacamata. Bahkan, kebanyakan siswa masih ada yang belum memahami bahwa dirinya perlu membutuhkan bantuan kacamata untuk penglihatannya.

“Oleh karena itu, kita bukan hanya melakukan pemeriksaan mata saja, melainkan kita berikan banyak informasi tentang bagaimana cara merawat mata biar selalu sehat. Jangan malu untuk memakai kacamata, karena ini untuk kepentingan bersama khususnya siswa agar lebih fokus untuk belajar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Corporate Social Responsibility (CSR) pada PT Indah Kiat Pulp and Paper, Dani Kusumah mengatakan, sebanyak 32 sekolah SD dan SMP di Kecamatan Kragilan yang diberikan bantuan berupa pemeriksaan mata dan kacamata gratis untuk para pelajar. Diketahui, tahun lalu juga pihaknya bersama Lions Club District 307 A1 melakukan pemberian bantuan yang sama.

“Semua sekolah di Kecamatan Kragilan, tapi untuk SD hanya kelas lima nya saja. Meski belum semuanya, tapi kita akan bertahan setiap tahunnya memberikan bantuan tersebut demi anak-anak kita dapat belajar dengan nyaman di sekolahnya,” katanya.

Disisi lain, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengapresiasi, Lions Club District 307 A1 dan PT Indah Kiat Pulp and Paper karena telah perduli dengan siswa Kabupaten Serang khususnya yang mengalami gangguan penglihatan. Bantuan seperti ini, diharapkan dapat berkelanjutan kedepannya tanpa terhenti.

“Bantuan seperti ini sudah dua kali, tahun kemarin dan tahun ini. Lions Club dan PT Indah Kiat terpanggil untuk memberikan bantuan ini kepada siswa kita. Saya harapkan, bisa dilanjutkan setiap tahunnya dan mudah-mudahan Lion Club terus memberikan perhatiannya kepada masyarakat Kabupaten Serang,” katanya. (agm/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here