Beranda PERISTIWA Amankan Budidaya Ikan, Pasang Jaring Sampah

Amankan Budidaya Ikan, Pasang Jaring Sampah

0
BERBAGI
Pemdes Tekuknaga Jaya dibantu masyarakat memasang jaring sampah di kali Tekuknaga Jaya untuk mencegah sampah masuk karena ada budidaya ikan air tawar

TANGERANG — Pemerintah Desa Tekuknaga Jaya, melakukan pemasangan jaring sampah di kali untuk mencegah menahan sampah dan juga untuk menciptakan kali bersih karena saat ini warga sekitar kali Tekuknaga Jaya sudah mulai melakukan budidaya ikan tawar.

Pemasangan jaring sampah tersebut, dipasang di dekat perbatasan antara Desa Rawa Rengas. Bahkan, sepanjang 800 meter kali tersebut akan digunakan masyarakat sebagai pengembang budidaya ikan air tawar.

Kepala Desa Tekuknaga Jaya Ajie Sutikna mengatakan, pemasangan jaring sampah dilakukan karena sering banyak sampah yang melintas di wilayah Desa Tekuknaga Jaya, jika tidak di pasang maka sampah akan mengganggu budidaya ikan air tawar.

“Saat ini, warga sudah mulai melakukan budidaya ikan air tawar. Makanya, kita pasangan jaring sampah untuk melakukan antisipasi adanya penumpukan sampah yang bisa menggangu lingkungan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu 1 Febuari 2023.

Atiek sapaan akrabnya menambahkan, di sepanjang 800 meter kali tersebut saat ini sudah mulai di pasangi keramba untuk menampung ikan. Nantinya, ikan tersebut akan di olah masyarakat agar bisa di jual ke penampung ikan air tawar.

“Sebelumnya, kita sudah lakukan edukasi kepada masyarakat untuk bisa melakukan budidaya ikan air tawar. Karena, ikan air tawar bisa bagus di kondisi air yang berjalan,”paparnya.

Ia menjelaskan, pemasangan jaring sampah juga bisa membuat kali menjadi lebih bersih dan bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Masyarakat juga dilarang untuk tidak mencuci pakaian di kali karena limbahnya bisa membahayakan ikan.

“Saya harap, dengan progres ini masyarakat bisa menjaga lingkungan khususnya kali agar bisa tetap kita gunakan. Dengan cara ini, saya pastikan tidak ada lagi sampah yang mengambang di kali,”tutupnya.(ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here