Beranda BANTEN 912 Penduduk Miliki NIK Ganda

912 Penduduk Miliki NIK Ganda

0
BERBAGI
MENGANTRE: Ratusan warga asal Kota Serang tengah mengantre untuk mengurusi kependudukan di kantor Disdukcapil Kota Serang, Jumat (6/2). FOTO: Syirojul Umam/Banten Ekspres

SERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang mencatat, hingga Februari 2020, sebanyak 912 penduduk miliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) ganda. Hal tersebut cukup merepotkan untuk pendataan detail penduduk Kota Serang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi Administri Kependudukan (PIAK), Apay Supardi mengatakan dari 912 pendudukan tersebut paling banyak berada di Kecamatan Serang dengan jumlah 333 orang. “Hampir di semua Kecamatan ada warga yang memiliki NIK ganda, dan itu harus segera dimusnahkan,” katanya kepada Banten Ekspres saat ditemui di halaman kantornya, Jumat (6/2).

Ia menjelaskan, banyaknya warga yang memiliki NIK ganda cukup merepotkan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Karena akan menyangkut pada profil kependudukan, hingga program-program yang dicanangkan oleh Walikota dan wakil Walikota  Serang.

“Tentu itu akan membantu pembangunan Kota Serang, misalnya kami akan memberikan bantuan kepada masyarakat, ternyata mereka memiliki NIK dua, pertama di Kecamatan Pandeglang, dan Kota Serang, maka dari Serang harus dihapuskan,” ujarnya.

Maka dari itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk melakukan pengecekan pendataan terhadap warganya yang memiliki NIK ganda, bila benar maka salah satu NIK nya akan dihapuskan. “Jadi sebenarnya akan ketahuan data aktif atau tidaknya, sesuai dengan keberadaan penduduk saat ini, setelah itu baru nanti kita proses,” terangnya.

Ia mengatakan, untun pengecekan tersebut, diharapkan rampung pada Maret 2020. Hal itu karena pihaknya akan segera membuat profil kependudukan Kota Serang. “Mudah-mudahan dengan pengecekan ini, tidak ada lagi data yang ganda. Kami juga ingin cepat selesai, jadi datanya bersih dan tidak ada yang terbuang,” tuturnya.

Kepala Seksi Informasi, Disdukcapil Kota Serang, Wulan mengatakan adanya NIK ganda disebabkan oleh adanya peristiwa penting yang mengakibatkan penduduk segera mengubah statusnya. Namun dalam NIK ganda tersebut, hanya NIK perekaman pertama kalinya.

“Misal saya sebelumnya tinggal di Pandeglang, punya kartu keluarga (KK) Pandeglang, terus perekaman di sana. Kemudian saya pindah ke Serang punya KK dan perekaman lagi, dan ternyata teridentifikasi perekaman dua kali, maka yang valid itu perekaman pertama kali, dan keduanya diajukan penghapusan,” katanya.

Sebelumnya, kata Wulan pada awal Februari 2020 kemarin, pemerintah pusat telah melakukan penghapusan masal pada perekaman ganda untuk tahun 2018 ke bawah, totalnya ada sekitar 8.000 NIK ganda yang telah dihapus. “8.000 ribu itu hanya untuk Kota Serang saja, sisanya 912 itu nanti akan dicek dan hapuskan juga,” paparnya. (mam/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here