Home BISNIS KPPU Khawatir Tarif Bawah Taksi Online Memicu Kartel Ekonomi

KPPU Khawatir Tarif Bawah Taksi Online Memicu Kartel Ekonomi

0
SHARE

Pemerintah diingatkan soal bahaya penerapan tarif taksi online dengan mekanisme batas atas dan batas bawah. Penerapan tarif tersebut bisa memicu terbentuknya kartel ekonomi. Hal itu dikatakan Plt Deputi Bidang Pencegahan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Taufik Ahmad. “Sebab, sistem itu bisa menghadirkan harga atau tarif yang sebetulnya berada di atas harga pasar,” kata Taufik dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4).

Taufik menegaskan, penerapan sistem tarif batas bawah tidak menghasilkan persaingan yang sehat. Sebab, penerapannya justru menghalangi pelaku usaha yang bisa menawarkan tarif lebih murah kepada masyarakat. “Itu berarti masyarakat yang mestinya bisa menikmati tarif lebih murah, namun terhambat tarif bawah sehingga dirugikan,” terang Taufik.

Dia mengataka, penghapusan tarif batas bawah dianggap sebagai bentuk penerapan persaingan usaha yang sehat. Dia menontohkan, masyarakat sudah menikmati tarif pesawat yang lebih terjangkau ketimbang awal tahun 2000. Hal itu berkat terobosan berupa penghapusan tarif batas bawah transportasi udara oleh pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here