Home BISNIS Indonesia Tengah Dalam Periode Inflasi Rendah

Indonesia Tengah Dalam Periode Inflasi Rendah

0
SHARE

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kordinasi Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (Rakornas TPID) 2017 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Kamis (27/7). Dalam kesempatan itu, Jokowi memberi arahan kepada kepala daerah dalam hal pengelolaan ekonomi yang baik. Ada dua hal yang disampaikan, yakni terkait pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

Menurut mantan Walikota Solo ini, kedua hal tersebut merupakan poin penting dalam pengelolaan ekonomi yang baik di daerah. Khusus inflasi, Jokowi menyebut jika Indonesia saat ini tengah dalam periode inflasi rendah. Hal itu terlihat dari angka inflasi Indonesia dalam tiga tahun terakhir yang terus terjaga di angka 3 sampai 4 persen.

“Alhamdulillah sudah disampaikan gubernur BI. Tahun 2015 inflasi kita pada angka 3,35 persen kemudian di 2016 3,02 persen dan di kuartal I 2017 berada pada angka kisaran 4 persen. Artinya kita sudah mulai masuk era inflasi rendah,” terangnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala daerah. “Ini berkat saudara semuanya yang tahu betul apa itu fungsi inflasi,” ucapnya. Kendati demikian, para kepala daerah diminta untuk tidak besar kepala. Jokowi meminta mereka untuk menjaga pertumbuhan ekonomi daerah untuk tidak turun. Hal itu dilakukan agar pertumbuhan ekonomi nasional juga tetap stabil.

“Pertumbuhan ekonomi kita kalau dibandingkan dengan negara lain dengan keadaan global yang masih sangat berat skeali, semua negar mengalami tekanan PE. Negara kita di G20 berada pada 3 besar dibawah India dan RRC. ini patut kita syukuri,” kata dia. Oleh sebab itu, dirinya meminta agar daya beli masyarakat dijaga. “Karena daya beli rakyat harus diikuti terus agar konsumsi tetap pada posisi yang kita iginkan,” tutupnya.

Dalam Rakornas TPID itu ikut sejumlah menteri kabinet kerja, seperti Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan menteri lainnya. Para kepala daerah dari 34 provinsi juga hadir dalam acara tahunan ini. (cr4/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here