Home TANGERANG HUB Ibu-Ibu Warga Jambe Diberdayakan

Ibu-Ibu Warga Jambe Diberdayakan

0
SHARE

CISOKA – Puluhan ibu-ibu warga Kampung Manukung, Desa Ranca Buaya, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, dilatih membuat bantal imut dari limbah pabrik. Pelatihan ini digelar Alfamart bekerja sama Majelis Dzikir Al Iklhas.

Pelatihan ini tak hanya mengajak ibu-ibu peduli lingkungan dengan
mengurangi sampah di rumah dan lingkungan sekitar tapi juga membekali mereka keterampilan untuk mendaurulang sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

“Kita bisa membuat beragam bantal dari limbah pabrik. Keterampilan ini bisa dipelajari dan bisa menjadikan ibu-ibu mandiri,” kata Kory, fasilitator dari Bank Sampah Taman Kirana.

Bahan yang diperlukan antara lain limbah kain wol, benang, jarum dan lainnya. Didampingi beberapa orang fasilitator, peserta yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga itu sangat bersemangat mengikuti instruksi para fasilitator.

Branch Manager Alfamart Balaraja Yosef Risdianto mengatakan, pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin dua bulan sekali, di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart. Sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Pasir Nangka dan Cisoka.

“Tujuannya, tak lain untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart SME’s (Small Medium Enterprises) atau UKM,” katanya.

Dia menuturkan, perusahaannya tak hanya peduli terhadap UKM yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula.

Endryana Juwita, salah seorang peserta pemberdayaan mengatakan, kegiatan seperti sangat baik karena bisa membuat ibu-ibu memiliki keterampilan untuk memperoleh pendapatan tambahan. Pasalnya, rata-rata mata pencaharian penduduk di wilayah ini adalah buruh tani dan petani.(din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here