Home OLAHRAGA Banten Boyong Emas

Banten Boyong Emas

0
SHARE

PRESTASI membanggakan kembali diraih pejudo masa depan Banten Amanah Nur Istiqomah yang tampil pada kejuaraan Thailand International Judo North Bangkok University Championship 2017. Pada kejuaraan yang digelar sejak 27-31 Juli Isti, sapaan akrab Amanah Nur Istiqomah meraih medali emas di kelas 52 kg usai mengalahkan pejudo tuan rumah.

Pada kejuaraan tersebut Isti berangkat dengan tiga pejudo penghuni Pelatnas lainya. Selain Isti, Indonesia mendapat satu medali emas lagi dari pejudo senior Salsa Maulida yang tampil di kelas 70 kg.

Isti sendiri menyatakan bangga bisa meraih medali emas di even kejuaraan internasional. Dikemukakan peraih medali perak PON Remaja I 2015 ini adalah hasil latihan yang ia terima selama Pelatnas yang digelar di Bandung.

“Kejuaraan ini menambah jam terbang bertanding saya di level internasional, selain itu menambah percaya diri saya untuk bisa berprestasi lebih baik kedepannya,” ucap Isti.

Selain itu diakui Isti ada pelajaranya berharga yang ia dapat dari pertandingan di Aula North Bangkok University tersebut. Dimana dirinya masih sempat terbanting karena kurang konsentrasi saat bertahan.

“Itu pelajaran berharga banget dan saya akan memperbaiki saat kembali ke Pelatnas, koreksi dari kejuaraan di Bangkok sangat penting buat saya,” jelas Isti.

Sedang pelatih Isti di Banten, Haerviner menyatakan prestasi yang diraih pejudo binaan Padepokan Judo Satria Benteng itu adalah hal yang wajar sebagai buah dari semangat latihan yang ditunjukkan peraih medali emas Kejurnas Judo 2017 ini. Viner, sapaan Haerviner, mengungkap itu semangat tinggi selalu diperlihatkan Isti dalam berlatih baik di Padepokan Satria Benteng maupun pelatnas.

“Selain rajin dia selalu berusaha memperbaiki kesalahan yang dialami saat latihan dan pertandingan, ini yang jadi nilai lebih Isti untuk bisa terus berprestasi,” jelas Viner. “Apalagi saat ini Isti ada di masa golden age (usia emas, red) untuk seorang atlet,” imbuhnya.

Peningkatan kemampuan Isti diakui Viner setelah menjalani Pelatnas cukup bagus dan inilah yang semakin meyakinkan prestasi akan semakin banyak diraih pejudo putri Kabupaten Tangerang tersebut. Salah satunya yang paling dekat diincar adalah medali emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 yang akan dilangsungkan di Jawa Tengah.

Dikemukakan Viner, saat ini dilevel pelajar Isti adalah pejudo terbaik di kelas 52 kg. “Kalau secara prestasi jelas Isti punya peluang paling besar untuk meraih medali emas Popnas, pada kejuaraan terakhir Bali Open saja Isti merebut emas di level senior. Insya Allah jika tak ada halangan kami optimis di meraih medali emas,” ucap Viner.

Kedepan kata Viner, Isti juga punya kans meraih medali di PON XX/2020 di Papua. Mengingat saat ini Isti sudah punya poin di level senior untuk bisa tampil di PON Papua. “Emas Kejurnas dan Bali Open membuat Isti ada di posisi papan atas, mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya,” tutup Viner. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here