Home OLAHRAGA Menunggu Kejutan Arifal

Menunggu Kejutan Arifal

0
SHARE

SERANG – Atlet dayung putra Banten, Arifal spesialis nomor slalom yang tergabung bersama tim Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas) Asian Games XVIII Indonesia 2018 bertolak ke Jepang, Kamis (3/8). Arifal akan mengikuti kejuaraan dayung nomor slalom yang bertajuk Japan Canoe Cup 2017 yang dilangsungkan di Tokyo, Jepang, Minggu (5/8).

Sekretaris Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Banten, Ahmad Yaman mengatakan, kejuaraan yang diikuti Arifal di Jepang merupakan salah satu event bergengsi nomor slalom. Patut ditunggu hasil yang akan dicapai Arifal di Jepang nanti. “Pelatnas dayung hanya mengutuskan dua atlet, satu putra dan satu putri. Arifal diterjunkan di Jepang untuk memantau perkembangan kemampuan selama berada di pelatnas. Mudah-mudahan Arifal bisa membuat kejutan dan mengharumkan Indonesia di ajang internasional,” kata Yaman, Kamis (3/8) siang.

Yaman menambahkan, tidak hanya mengikuti kejuaraan saja, selama di Jepang Arifal juga sekaligus akan menjalani training center (TC) untuk beberapa hari. “Pelatnas memiliki program TC di luar negeri. Untuk nomor slalom dipilih TC nya di Jepang. Karena Jepang memang memiliki prestasi yang luar biasa untuk nomor slalom. Jadi, selesai kejuaraan Arifal tidak langsung bertolak pulang ke Indonesia,” imbuhnya.

Ia optimitis, Arifal mampu bersaing dan meraih prestasi di Jepang. Itu tidak lepas dari peningkatan skill dan performa Arifal yang terus mengalami peningkatan selama tujuh bulan bergabung di pelatnas. “Kalau nomor slalom kan tidak membutuhkan kecepatan, lebih kepada seninya. Kami secara intens melakukan komunikasi dengan tim pelatih pelatnas untuk mengetahui kemajuan performa Arifal. Alhamdulillah semua tim pelatih pelatnas mengakui kalau Arifal memiliki semangat dan motivasi yang jauh lebih bagus dibandingkan atlet lain. Sehingga semua materi latihan yang diberikan tim pelatih mampu diserap dan diperagakan dengan sempurna oleh Arifal. Makanya kami yakin Arifal mampu bersaing,” tutur Yaman.

Sementara itu, Pelatih Dayung Banten, Hasim Ponso yang turut memantau langsung latihan Arifal di pelatnas di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan, kualitas Arifal setiap hari mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan Arifal kini menjadi salah satu yang ditargetkan meraih medali emas pada Asian Games 2018. “Kalau saya sangat yakin dengan kualitas yang dimiliki Arifal. Asian Games menjadi barometer kualitas Arifal sesungguhnya. Arifal juga menjadi aset berharga PODSI Banten untuk menghadapi PON XX Papua 2020,” ucapnya. (apw/rbnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here