Home TANGERANG HUB Satu-Satunya di Banten, 40 Ribu Eksemplar per Jam

Satu-Satunya di Banten, 40 Ribu Eksemplar per Jam

0
SHARE

SERANG–Perusahaan percetakan PT Wahana Java Semesta Intermedia punya mesin cetak canggih keluaran terbaru. Mesin cetak merek Gross SSC senilai Rp 10,5 miliar ini merupakan satu-satunya mesin percetakan surat kabar dengan teknologi mutakhir yang ada di Banten.

General Manager PT Wahana Java Semesta Intermedia Yosep Mediansyah mengatakan, mesin percetakan senilai Rp 10,5 miliar ini banyak memiliki keunggulan dalam dunia percetakan. Mesin buatan Amerika ini menggunakan teknologi yang lebih unggul dibandingkan mesin-mesin sebelumnya, karena mampu mencetak surat kabar dengan jumlah halaman warna lebih banyak serta memiliki kecepatan yang sangat tinggi.

“Mesin baru kita ini produksinya bisa tiga kali lipat dari mesin yang lama. Kapasitasnya 40 ribu eksemplar per jam, kapasitas halaman warna bisa 16 sampai 20 halaman. Sedangkan mesin yang lama hanya enam halaman,” katanya saat memantau kedatangan mesin percetakan itu di Graha Pena Radar Banten, Kota Serang, Jumat (4/8).

Menurut Yosep, selain mampu meningkatkan kualitas percetakan, mesin percetakan ini juga lebih efektif dalam hal ketepatan waktu dan mampu menghemat listrik.

“Kalau untuk di wilayah Banten, mesin ini baru ada di sini,” kata Yosep seraya mengatakan perusahaan percetakan Radar Banten saat ini bermitra dengan 39 surat kabar yang melakukan percetakan di Radar Banten. Dari 39 surat kabar itu diantaranya lima surat kabar harian dan 34 surat kabar mingguan yang beredar di Banten.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Radar Banten Group Priyo Susilo berharap hadirnya mesin percetakan baru ini mampu meningkatkan kepuasan para pelanggan dan pembaca surat kabar di Banten. Karena dengan mesin percetakan, ini kualitas cetak surat kabar menjadi lebih bagus, lebih menarik dan komposisi warna lebih banyak.

“Kami datangkan mesin percetakan ini juga dalam upaya meningkatkan kualitas surat kabar, terutama surat kabar Radar Banten Group. Kalau kualitas cetak dan tampilannya lebih bagus, tentunya akan memberikan kepuasan kepada pembaca,” ujarnya.

Senada dikatakan General Manager Radar Banten Mashudi. Menurutnya, kedatangan mesin percetakan baru ini sangat menguntungkan bagi pembaca setia Radar Banten. Karena selama ini dari 28 halaman yang dicetak Radar Banten hanya mampu mencetak 10 halaman warna. Namun, dengan adanya mesin baru ini, ke depan halaman Radar Banten bisa mencetak 24 halaman warna.

“Kami mencari pembaca bukan hanya dari sisi kualitas berita saja. Namun dari kualitas tampilan produk percetakan, juga harus dikedepankan. Selain itu, walau pakai mesin baru ini, tapi tidak memengaruhi harga jual koran,” terangnya.

Mesin percetakan baru ini ditargetkan sudah bisa beroperasi paling lambat pada 27 Agustus mendatang. Karena mesin ini membutuhkan waktu untuk menyetting ulang. “Diperkirakan membutuhkan waktu 20 hari. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan selama 20 hari ke depan pada 27 Agustus sudah bisa beroperasi,” harapnya. (ang/bha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here