Home OLAHRAGA Ribuan Atlet Jalani Screening

Ribuan Atlet Jalani Screening

0
SHARE

GEDUNG Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang, Tigaraksa dua hari belakangan nampak ramai oleh aktivitas atlet calon peserta Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tangerang IV 2017. Ribuan atlet asal 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang akan menjalani tahapan skrining peserta Porkab IV.

Skrining atau verifikasi berkas dilaksanakan sejak, Senin (7/8) dan akan berakhir Minggu (13/8) mendatang. Hanya saja untuk pelaksanaan skrining hari ketiga, hari ini (9/8) akan dipindahkan ke Gedung Pemuda Tigaraksa karena GSG dipakai kegiatan Pemkab menghadapi HUT RI ke-72.

Demikian juga pada hari Kamis dan Jumat. Sisa jadwal skrining pada Sabtu dan Minggu akan digelar di sekretariat KONI Kabupaten Tangerang yang terletak di lantai 4 Gedung Usaha-usaha Daerah Puspemkab Tangerang.

Jadwal skrening 29 kecamatan dibagi dalam lima sesi untuk mencegah kepadatan atlet. Karena jika di rata-rata masing-masing kecamatan mengikuti 10 cabor dan tiap cabor diikuti 10 atlet maka jumlah atletnya mencapai 100 lebih. Jumlah minimalnya akan mencapai 2.900 atlet dari 29 kecamatan.

Panitia yang diketuai Teguh wisnu itu membagi giliran menjadi rata-rata 6 kecamatan per hari. Dengan kata lain skrining akan selesai pada hari Jumat. Sedang skrining pada Sabtu dan Minggu adalah skrining susulan buat melengkapi data atlet yang masih kurang.

Panitia Porkab bekerjasama dengan 18 pengcab yang dipertandingkan pada multi even olahraga empat tahunan Kabupaten Tangerang tersebut untuk melakukan verifikasi data atlet. Para atlet dan tim ofisial mengisi dan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan seperti KTP, Kartu Pelajar, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan ijasah.

Setelah itu tim dari pengcab melakukan verifikasi data untuk menyamakan data dengan atlet yang akan tampil. Skrining diakhiri dengan foto atlet untuk pembuatan kartu identitas peserta Porkab.

Reza Ibnu Malik Sekretaris Panitia Porkab Tangerang IV mengatakan skrining atlet merupakan tahapan yang penting karena akan menjadi bekal legalitas atlet. Selain itu juga menentukan jumlah cabang olahraga atau nomor yang dapat dipertandingkan di Porkab.

Walaupun seluruh cabor sudah memenuhi persyaratan untu dipertandingkan yakni minimal diikuti 7 kecamatan namun perubahan tak terduga dapat saja terjadi. “Setelah skrining dilakukan, kami akan melakukan tahapan rapat pleno. Di sana dibahas tentang legalitas jumlah cabor yang dipertandingkan dan atlet atlet yang bertanding,” ujar Reza ditemui di GSG kemarin.

Ketua KONI Kabupaten Tangerang H. M Komarudin mengatakan tahapan skrining atlet Porkab adalah yang pertama dilakukan oleh Kabupaten Tangerang dalam pelaksanaan Porkab. Bahkan, diklaim mantan Kadisporbudpar Kabupaten Tangerang itu, skrining yang dilakukan merupakan yang pertama di wilayah Banten.

“Di Porkab ini ada tahapan skrining. Tahapan ini menjadi ajang pembelajaran bagi KONI Kabupaten Tangerang untuk menjadi panitia kompetisi olahraga yang profesional. Tahun depan, Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah Porprov V Banten sehingga Porkab IV kami anggap sebagai miniatur Porprov,”ujar Komarudin saat memantau pelaksanaan skrining di GSG Tigaraksa kemarin pagi. (apw/jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here