Home OLAHRAGA Delapan Besar, Banten Datang

Delapan Besar, Banten Datang

0
SHARE

MEDAN – Tim futsal Banten memastikan satu tiket melaju ke babak delapan besar mewakili Zona Sumatera pada Kejuraan Nasional (Kejurnas) Futsal 2017. Kepastian itu diraih usai Sifak Muftiadi dkk menang tipis dengan skor 1-0 atas tim futsal tuan rumah Sumatera Utara (Sumut) pada pertandingan yang dilangsungkan di GOR Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Kota Medan, Senin (21/8) sore. Satu-satunya gol kemenangan Banten dicetak Fajir Muhammad (menit ke-12).

Kemenangan ini sekaligus memperkokoh posisi Banten sebagai pemuncak klasemen sementara Zona Sumatera dengan mengantongi enam poin. Disusul tim futsal Sumatera Barat (Sumbar) di posisi runner up dengan mengantongi tiga poin. Sedangkan posisi ketiga menjadi milik tim tuan rumah Sumut yang juga mengantongi tiga poin.

Hanya saja tim Sumbar berhak menjadi runner up sementara lantaran unggul selisih gol atas Sumut. Sedangkan Bengkulu terbenam di dasar klasemen tanpa poin.

Meski masih menyisakan satu pertandingan, Banten sudah bisa dipastikan melaju ke putaran delapan besar nasional yang akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, pada 15-17 September 2017. Itu lantaran di setiap grup akan diwakili dua tim terbaik, yakni juara dan runner up grup. Pada laga terakhir, Selasa (22/8), Banten akan ditantang Sumbar.

Ditemui usai pertandingan, Kepala Pelatih Futsal Banten Muhammad Arion tidak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur atas kemenangan Asep Auliatama dkk atas Sumut. “Alhamdulillah, Alhamdulillah kita mendapatkan kemenangan yang sangat penting. Tidak mudah memetik kemenangan dari tim tuan rumah. Selain permainan Sumut yang sangat keras dan ngotot, mereka juga mendapat dukungan yang luar biasa dari suporter di tribun penonton. Sangat melelahkan dan terkuras habis stamina anak-anak. Ini kemengan yang luar biasa lantaran diraihnya dengan susah payah,” kata Arion, Senin (21/8) sore.

Arion menambahkan, kunci kemenangan anak asuhnya adalah mental bertanding. Timnya mampu bermain lepas dan keluar dari tekanan tuan rumah. “Sebenarnya kita bisa menang lebih dari satu gol, hanya saja banyak peluang yang terbuang sia-sia. Anak-anak masih kurang tenang dalam finishing, tapi secara permainan sudah bagus. Selain itu tim kita juga banyak dirugikan oleh keputusan wasit yang kontrovesial. Tapi kita bersyukur tidak terpancing emosi dan tetap bermain tenang,” imbuhnya.

Sementara itu, Asisten Pelatih Rio Fernando menambahkan, menghadapi laga terkahir menjamu Sumbar, timnhya tetap akan tampil dengan kekuatan terbaik dan maksimal. “Kami ingin lolos ke putaran delapan besar nasional dengan sempurna. Makanya kami butuh kemenangan atas Sumbar. Kami akan berjuang semaksimal mungkin demi tiga bpoin atas Sumbar,” harap Rio.

“Hanya saja akan ada rotasi pemain guna memberi kesempatan kepada pemain lain untuk main. Namun demikian kita tetap yakin bisa mengatasi Sumbar lantaran kualitas pemain kita merata,” ucapnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten Yosa Sayata mengatakan, kemenangan atas Sumut akan mendongkrak kepercayaan diri pemain jelang menghadapi putaran delapan besar nasional. “Kemenangan ini sangat dibutuhkan pemain. Mereka akan semakin percaya diri menghadapi tim lain. Kami optimistis bisa bersaing di putaran delapan besar nanti,” tegasnya. (apw/rbnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here