Home TANGERANG HUB Tiga Jalan Akan Dipasangi VMS

Tiga Jalan Akan Dipasangi VMS

0
SHARE

SERPONG-Sebanyak tiga jalur lalu lintas di Kota Tangsel akan dilengkapi sistem Variable Messages Sign (VMS). Yakni, di Simpang Alam Sutera, German Center dan Gading Serpong. Pemasangan VMS tersebut akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangsel dalam waktu dekat ini.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Tangsel H Ika mengatakan, sistem tersebut merupakan informasi dan pesan keselamatan lalu lintas bagi pengguna jalan di Kota Tangsel. VMS merupakan informasi atau pesan tentang keamanan berlalulintas bagi pengguna jalan. Pesan itu nantinya akan dipasang di simpang jalan dan jalan-jalan strategis di Kota Tangsel. “Yang pasti akan dipasang di simpang jalan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Rabu (23/8).

Dijelaskan Ika, VMS sendiri secara jelasnya adalah, pesan yang akan memberikan informasi keadaan lalu lintas yang akan dilalui kendaraan. VMS, akan diaplikasikan dalam media berbentuk layar yang bisa dilihat secara riil oleh warga. Dengan informasi ini maka, warga bisa mengetahui lalu lintas mana yang kondisinya krowdit. Sehingga, warga akan memilih jalur lain yang tidak padat kendaraan.

Ika menambahkan, uji coba penerapan VMS akan dilakukan di simpang jalan yang sudah menggunakan Area Traffic Control System (ATCS). Dishub menargetkan akan memasang ATCS berikut dengn VMS dan Intelligent Traffic Systems (ITS) di 18 titik di Kota Tangsel. Pemasangan tersebut target selesai tahun 2021. “Sekarang ini, simpang yang sudah terpasang ATCS ada di Simpang German Center, Alam Sutera dan Gading Serpong,” tambahnya.

Pria ramah ini menjelaskan, saat ini Dishub Kota Tangsel juga sedang merancang aplikasi lalu lintas bagi pengguna jalan yang melintas di Kota Tangsel. Aplikasi ini dirancang untuk bisa memantau kepadatan kendaraan di simpang jalan di Kota Tangsel.

Dimana teknologi yang satu ini berbasis aplikasi. Warga bisa mengakses aplikasi ini untuk melihat kondisi lalulintas simpang jalan yang ada di Kota Tangsel. “Mudah-mudahan aplikasi itu segera bisa digunakan,” tuturnya.

Rencana pemasangan VMS tersebut disambut baik oleh warga. Salah satunya warga Serpong, Zaenuddin (35). Ia berharap dengan dipasangnya sistem tersebut bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi dibeberapa titik di Jalan Raya Serpong. “Alat tersebut tidak pastinya bisa membuat lancar jalan tapi, setidaknya mengurangi kepadatan,” ujarnya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here