Home OLAHRAGA BANTEN CETAK SEJARAH

BANTEN CETAK SEJARAH

0
SHARE

SUKSES prestasi dicapai karateka muda Banten yang tampil di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV/2017 di Jawa Tengah. Di hari pertama, pada pertandingan yang digelar di GOR Patriot Kodam IV Dipenogoro, Sabtu (16/9) cabor karate langsung memborong 2 medali emas lewat karateka Marzella Sekar dan M. Besnuh Billy Bilmona.

Emas pertama dipersembahkan Marzella di nomor kata perorangan putri setelah di final menang 4-1 atas karateka Rezqi Dinda Amaliah asal Sulawesi Selatan (Sulsel). Sementara Billy yang tampil di kumite +76 kilogram mampu mengalahkan Shandy Try S karateka asal Lampung di final.

“Saya bangga karena ini sejarah buat karate Banten, sebelumnya kami hanya dapat perunggu. Prestasi ini tak lepas dari peran atlet, pelatih, pengurus dan terutama orang tua yang selalu mendampingi atlet tak hanya saat saat Popnas tapi saat latihan,” ucap Maruli Girsang Ketua Pengprov Forki Banten.

Ega Akbar Sah Pelatih nomor Kata menyatakan apa yang dihasilkan Marzella terbilang cukup mengejutkan buat dirinya. Pasalnya, sebelumnya Marzella dipersiapkan untuk tampil dan berprestasi di nomor kumite.

“Tapi karena kemauan Marzella yang sangat kuat, dia mampu tampil maksimal. Saya juga terkejut karena dia menang telak (5-0) terus di dari babak penyisihan hingga semifinal. Di final dia menang 4-1 dari karateka pengalaman Rezqi yang merupakan runner-up Kejuaraan AKF (Asia Karate Federation, red) Juli 2017 di Kazakstan dan juara di kejuaraan SEAKAF South East Asia Karate Federation (SEAKF) 2017,” terang Ega.

Marzella sendiri mampu memperbaiki prestasi yang diraih pada Popnas 2015 di Jawa Barat. Saat itu siswi kelas 10 IPS III SMAN 1 Kota Serang tersebut hanya mampu meraih medali perunggu di nomor kumite putri.

“Saya berharap prestasi ini bisa membawa saya ke prestasi yang lebih baik, saya berharap PB (Pengurus Besar, red) Forki melirik saya untuk masuk Pelatnas dan tampil di Kejuaraan WKF (Kejuaraan Dunia Karate, red),” harap Marzella yang juga tampil di nomor kumite putri.¬†Untuk emas kedua karate Banten yang diraih Billy Bilmona memang sudah diprediksi jajaran pengurus Pengprov Forki Banten. Billy adalah peraih medali emas Kejurnas PPLP 2017 di Padang, Agustus lalu.

“Tapi butuh latihan lebih keras untuk mempertahankan prestasi sekarang ini, karena mempertahankan lebih sulit daripada merebut. Saya cukup bangga karena Billy mampu menunjukkan konsistensi penampilan,” ungkap Harbun Bilmona ayah Billy yang selalu mendampinginya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here