Home TANGERANG HUB Lampu Merah Dipasang CCTV dan Speaker

Lampu Merah Dipasang CCTV dan Speaker

0
SHARE

TANGERANG– Beberapa titik lampu merah di Kota Tangerang sudah terpasang kamera pengintai (CCTV) dan alat pengeras suara (speaker,red). Fungsinya untuk memantau dan memperingatkan pengendara yang melanggar lampu merah. Mulai tidak berhenti sesuai garis yang telah di tentukan sampai yang menerobos lampu merah.

CCTV dan speaker tersebut tersebar di 37 titik lampu merah yang ada di Kota Tangerang dan terhubung langsung dengan ruang kendali Area Traffic Control System (ATCS) di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Jalan Sintanala, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Saeful Rohman mempraktikan cara kerja kedua alat tersebut.  “Untuk pedagang susu yang pakai roda tiga untuk mundur, jangan maju. Untuk angkot warna ijo jurusan Cikokol-Kalideres langsung belok kiri, kami sudah pantau dan sudah mencatat nomor polisi anda,” katanya mengingatkan pengguna jalan.

Namun sayang, tingkat kesadaran pengendara masih kurang. Hal tersebut karena imbauan dan teguran yang diberikan Saeful kepada pengendara yang melanggar tidak diindahkan. Bahkan pengendara tidak sadar jika sedang diperhatikan oleh CCTV.

Cara itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-46, sekaligus menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada transportasi dan lalulintas.

Dijelaskan, ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas menggunakan teknologi informasi pada suatu kawasan.“Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas disetiap persimpangan yang ada,”tukasnya.

Selain itu, saat ini pihaknya sedang mengajukan bentuk sanksi yang bisa diterapkan Dishub di lapangan dalam menertibkan jalan.“Kalau nilang itu kan tugasnya Polisi. Nah, kita tugasnya ngempesin bahkan mindahin kendaraan. Makanya, kita lagi ajukan ke Walikota untuk dijadikan Peraturan Walikota (Perwal) agar kita bisa gembok ban kendaraan di tempat,”tukasnya.

Senada dengan itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, kehadiran ATCS bisa menjadi pengurai kemacetan Kota Tangerang selain nanti akan membangun underpass. “Bukan penilangannya yang kita fokuskan, melainkan kita ajak masyarakat untuk sama-sama mau tertib berlalulintas. Kedepan juga lampu merah akan kita tiadakan dan kita bangun underpass,”pungkasnya. (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here