Home TANGERANG HUB Klaim JHT Tak Sampai 10 Menit

Klaim JHT Tak Sampai 10 Menit

0
SHARE

SERPONG-Kerja sama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kota Tangsel dengan sejumlah bank membantu peningkatan pelayanan. Dengan ini, pelayanan klaim bisa lebih mudah dan cepat. Khususnya untuk klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Kemudahan mengurus klaim JHT ini dibeberkan Yuri Gartina. Pensiunan PT Telkom Indonesia ini mengaku mendapatkan pelayanan terbaik dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Tangsel. “Rumah saya kan di kawasan BSD, jadi saya mencairkannya di BPJS Ketenagakerjaan Tangsel,” katanya, saat bertemu Tangerang Ekspres di kawasan Serpong, kemarin.

Ia menurutkan, klaim JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangsel dilakukannya pada 7 September lalu. Sebelum datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangsel, ia sudah berpikir bahwa pelayanan akan ribet. “Ternyata pelayanannya sangat cepat. Bahkan tidak sampai 10 menit semuanya sudah selesai” ujar Yuri, yang pertama mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan pada 1984 silam ini.

Ia tak menampik, pelayanan klaim JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangsel saat ini sudah sangat bagus dan cepat. Menurutnya, tak perlu datang subuh untuk mendapatkan antrean pertama atau agar urusan cepat selesai. “Saya lihat, selama jam pelayanan peserta yang datang langsung dilayani semua,” imbuhnya.

Apalagi, kata dia, dalam mengurus klaim JHT, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangsel memberi prioritas bagi manusia lanjut usia (manula). Sehingga, pensiunan seperti dirinya tidak mesti ribet beredesakan dengan yang lain.

Pada bagian lain, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang BSD Ibkar Saloma mengatakan, setiap harinya pelayanan klaim JHT di Kantor Cabang Tangsel sangat penuh. “Untungnya, saat ini Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangsel telah bekerjasama dengan Bank untuk layanan klaim JHT dan pendaftaran kepesertaan,” katanya.

Sehingga, kata Ibkar, bagi pekerja yang berhenti kerja atau pensiun dapat mengajukan klaim JHT dan pendaftaran kepesertaan di bank yang sudah menjalin kerja sama. “Ada Bank BTN, BRI dan BJB yang sudah bekerja sama. Peserta tinggal mencari bank mana yang terdekat dengan domisilinya,” paparnya.

Lebih jauh, perempuan berkulit putih ini menjelaskan, berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, sampai dengan September 2017 Kantor Cabang Tangsel telah membayarkan klaim JHT sebanyak 14.245 kasus. Dari jumlah ini, nominal uang yang dibayarkan sebesar Rp 262 miliar. Meski demikian, Ibkar menyatakan pihaknya terus menggenjot kinerja hingga mendapatkan hasil maksimal. “Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan secara kontinyu,” terangnya. (esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here