Home BISNIS Krenyes Manis, Pisang Kipas dan Pisang Pasir

Krenyes Manis, Pisang Kipas dan Pisang Pasir

0
SHARE

Pecinta pisang, tentu akan kangen dengan pisang yang satu ini. Jajanan khas Kalimantan ini ternyata banyak penggemarnya. Teksturnya renyah dengan sensasi rasa pisang yang manis. Pisang goreng identik dengan balutan tepung yang tebal. Tidak seperti pisang goreng umumnya, pisang goreng khas Kalimantan ini justru dibentuk menjadi kipas dan ada juga yang dibalut dengan tepung berpasir sehingga terlihat seperti nugget. Walaupun sama-sama berasal dari Kalimantan, akan tetapi kriteria pisang yang digunakan sedikit berbeda.

Pisang kipas menggunakan jenis pisang kepok tetapi dengan tingkat kematangan yang tidak terlalu matang dan dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu yang agak tebal dan manis. Digoreng hingga kecokelatan, pisang kipas juga memiliki tekstur yang renyah dengan rasa pisang yang tidak terlalu manis. Cocok dinikmati bersama dengan kopi. Berbeda dengan pisang kipas, pisang pasir khas Kalimantan ini justru menggunakan pisang kepok dengan tingkat kematangan yang pas sehingga teksturnya lembut dan rasanya lebih manis.

Dalam proses pembuatannya, pisang kepok yang sudah matang dipotong sesuai selera kemudian dimasukkan ke dalam campuran tepung. Campuran tepung ini berupa tepung terigu, gula, susu dan air kemudian potongan pisang dicelupkan ke dalamnya dan kemudian dibalurkan dalam tepung roti. Ini akan menghasilkan tekstur berpasir dan renyah. Sehingga diberi nama pisang goreng pasir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here