Home TANGERANG HUB Peserta Gagal Boleh Daftar Lagi

Peserta Gagal Boleh Daftar Lagi

0
SHARE

CIPUTAT-Lelang jabatan empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tangsel, bakal digelar dalam waktu dekat. Pelaksanaannya, tinggal menunggu instruksi walikota. Untuk diketahui, keempat OPD yang belum memiliki kepala definitif itu adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB), Dinas Perumahan  Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP), Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Apendi mengatakan, dalam waktu dekat akan menghadap kepada walikota untuk membahas kelanjutan lelang jabatan empat OPD. “Kita akan bahas apakah pakai Pansel yang lama atau bentuk yang baru,” ujarnya, kepada Tangerang Ekspres, Jumat (13/10).

Apendi menambahkan, setelah menghadap walikota BKPP akan segera bergerak cepat dengan membuat tahapan-tahapan lelang. Salah satunya, mengahadap Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Menurutnya, KASN merupakan bagian terpenting dalam penyelenggaraan manjemen ASN dalam birokrasi pemerintahan. Masih menurut Apendi, PNS yang gagal pada lelang jabatan memperebutkan lima kepala dinas lalu juga boleh ikut kembali. Dipersilakan untuk mengikuti tahapan dan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan.

Termasuk kepada PNS dengan pangkat esselon IIIA boleh mendaftar dalam lelang jabatan tersebut. “Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah usia maksamal 56 tahun,” tambahnya. Lelang jabatan merupakan paradigma baru dan ini merupakan sistem rekrutmen mencari pejabat berdasarkan hasil tes dan bukan pilihan kepala daerah. “Jadi, kita bisa daftar dan milih jabatan sesuai kemampuan yang dimiliki,” ungkpanya.

Sementara itu, peserta yang gagal saat lelang jabatan memperebutkan lima kursi kepala dinas Edi Wahyu mengatakan, bila diberi kesempatan akan ikut dalam lelang jabatan selanjutnya. Ia ingin meramaikan bursa calon empat kepala dinas yang masih kosong. “Itukan lelang jabatan terbuka, jadi kalau memenuhi syarat saya akan ikut lagi,” ujarnya.

Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian pada Sekretariat Daerah ini menjelaskan, meskipun empat dinas yang kosong tidak sesuai bidangnya namun, tidak menyurutkan niatnya untuk mencoba. Ia mencontohkan DL yang harus memiliki kemampuan khusus untuk memimpinnya. Menurutnya, jika memimpin DPMP3AKB tidak begitu sulit dan bisa dipelajari. “Jadi saya bisa melamar jadi calon Kepala DPMP3AKB,” tambahnya. Pemkot Tangsel telah melalukan lelang jabatan terhadap lima dinas. Yakni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Peindustrian dan perdagangan, Dinas Pariwisata dan Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here