Home TANGERANG HUB Warga Arab Saudi Dideportasi

Warga Arab Saudi Dideportasi

0
SHARE

TANGERANG– Warga Negara Asing (WNA) yang kedapatan melanggar aturan ditindak tegas. Upaya tersebut dilakukan demi melakukan penegakan hukum keimigrasian bagi orang asing yang berada dan akan tiba di Indonesia, namun tidak memberikan manfaat.

Upaya yang dilakukan antara lain melalui penyidikan terhadap pelaku tindak pidana keimigrasian, deportasi, pembatalan izin tinggal, pencegahan keluar negeri serta penangkalan (penolakan masuk,red) wilayah Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, pada Rabu (8/11) mengamankan satu WNA berkebangsaan Arab Saudi. ANR diketahui datang ke lndonesia pada 09 September 2016 lalu. Penangkapannya berkat kerjasama dengan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta.

“ANR ketika diperiksa ternyata sudah habis masa izin tinggalnya. Maka ANR akan kita deportasi dan akan ditangkal masuk ke Indonesia,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta, Enang Supriyadi Syamsi, Kamis (9/11)

Enang menambahkan, WNA yang berkunjung ke Indonesia hanya diberikan batas waktu selama 60 hari. Jika masa berlakunya sudah habis namun masih berada dalam Wilayah Indonesia lebih dari 60 (enam puluh) hari, maka akan dikenai tindakan administratif keimigrasian.

“WNA yang melanggar akan dikenai sanksi  berupa deportasi dan penangkalan sebagaimana diatur dalam Pasal 78 ayat 3 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011,” tegasnya.

Pada saat bersamaan, telah datang WNA berkebangsaan Taiwan dari Istanbul, Turki menuju Jakarta. LCK diketahui datang menggunakan pesawat Turkish Airlines. LCK merupakan tercatat masuk dalam daftar kasus keimigrasian sejak 10 Oktober 2016 lalu.

Berdasarkan informasi yang diterima dan bekerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan di Indonesia (TETO). LCK ditangkap dan selanjutnya dikembalikan ke negara yang bersangkutan dan dikenakan penangkalan.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada perwakilan negara asing di Jakarta atas kerjasama yang selama ini terjalin,” tambahnya. (mg-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here