Home TANGERANG HUB FKKSS SMP Gelar Tryout Online

FKKSS SMP Gelar Tryout Online

0
SHARE

 

TANGSEL – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP tinggal hitungan bulan lagi. Forum Komunikasi Kepala Sekolah Swasta (FKKSS) Kota Tangsel pun menggelar tryout computer based test (CBT)  gelombang satu, yang diikuti kurang lebih seribu siswa dari 17 SMP di Kota Tangsel.

Tryout CBT ini sekaligus simulasi bagi siswa-siswi SMP untuk menyambut UNBK. Sebab, mekanisme pelaksanaannya hampir menyerupai UNBK. Tentu, inovasi baru ini akan membantu siswa-siswi menghadapi UNBK. Baik itu secara sistem maupun materi soalnya.

Eko Pranoto, Ketua FKKSS menuturkan, tryout yang mendahului jadwal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini bisa membantu persiapan sekolah. Baik itu secara kesiapan pendalaman materi dimasing-masing siswa, hingga perangkat-perangkat yang mensukseskan berlangsungnya UNBK.

“Bila tryout serentak dilakukan lebih awal, maka evaluasinya juga lebih cukup untuk menjelang UNBK nanti. Dengan itu, di hari pelaksanaan UNBK nanti, sekolah sudah jauh siap dan tenang menjalani segala aktivitasnya,” terang Eko, saat ditemui Tangerang Ekspres.

Secara sistem pelaksanaan, tryout CBT ini berlangsung hingga lima sesi. Pasalnya, dikatakan Eko sejumlah sekolah tetap melangsungkan KBM secara normal. Usai KBM berakhir, baru para siswa mengikuti tryout CBT yang sukses dilaksanakan atas kerjasama dengan Toturmu.com.

“Kami menyediakan cukup banyak pilihan waktu ujian. Demi mempermudah sekolah untuk mengatur dengan kegiatan sekolahnya,” katanya.

Hal ini dilakukan FKKSS untuk melatih sedini mungkin sistem UNBK. Namun hal terpenting dikatakan Eko yaitu mengetahui kemampuan siswa sedini mungkin. Pasalnya, sekolah harus bisa mendongkrak nilai UN peserta didik, demi bisa melanjutkan ke SMA favoritnya.

UN 2018 di tingkat SMP di Kota Tangsel, 100 persen akan menggunakan sistem UNBK. Diantaranya, 22 SMP negeri dan 164 SMP swasta yang dinyatakan siap menjalankan UN dengan sistem UNBK. “Minggu ketiga Februari ini kami akan kembali menggelar gelombang II yang diperkirakan jumlah peserta akan terus bertambah,” tutupnya. (bun/mas)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here