Home TANGERANG HUB DPAD Bakal Tata Perpustakaan SD

DPAD Bakal Tata Perpustakaan SD

0
SHARE

PAMULANG-Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah (DPAD) Kota Tangsel akan mengemas perpustakaan yang ada di SDN menjadi lebih menarik. Hal ini dilakukan agar para siswa mau meningkat minat bacanya.

“Untuk meningkatkan daya tarik siswa, kami akan mlakukan pembinaan kepada 42 perpustakaan SDN yang tersebar di Tangsel. Ini diharapkan agar perpustakaan yang sduah ada lebih menarik lagi,” kata Dadang Raharja, Kepala DPAD Kota Tangsel, Senin (12/2).

Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang harus ada di semua sekolah. Termasuk Sekolah Dasar, sebab, perpusatakaan akan sangat mempengaruhi tingkat baca muridnya. Dimana untuk menarik itu semua, diperlukan sarana dan prasarana yang memadai.

“Perpustakaan menjadi sebuah tempat yang memiliki banyak referensi yang bisa dimanfaatkan oleh siswa. Seiring dengan budaya literasi, maka sudah seharusnya sekolah mengembalikan gairah membaca siswanya melalui pembaharuan pesputakaan,” kata Dadang.

Menurut Dadang, saat ini beberapa sekolah yang sudah memiliki perpustakaan masih mengalami kendala di dalam meningkatkan kunjungan siswa ke perpustakaan untuk membaca. Oleh sebab itu, DPAD akan melakukan pembinaan.

“Ada beberapa faktor yang memebuat mereka jarang ke perpustakaan. Mulai dari suasana yang kurang nyaman hingga letak buku yang dibiarkan menumpuk tak tertata,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpusatakan pada DPAD Kota Tangsel, Nur Hayati mengatakan, melalui bidang perpusatakaan DPAD akan melakukan pembinaan di SDN Kota Tangsel. Menurutnya, selama ini kondisi perpustakaan yang ada di Kota Tangsel cukup memprihatinkan.

“Untuk itu, kami konsentrasi melakukan pembinaan kepada petugas perpustakaan yang ada di SDN Kota Tangsel. Dengan cara dikemas lebih menarik lagi. Mulai dari dinding perpusatakaan, mengklasifikasi jenis buku bacaan yang selama ini posisinya menumpuk. Sehingga, membuat anak malas untuk datang membaca,” tambahnya.

Dengan pembaruan perpustakaan, ia berharap perpustakaan yang ada di Kota Tansgel memiliki standar nasional.

“Kami akan bina perpustakaan diantanranya SDN Pondok Kacang Barat 1, Pondok Kacang Barat 2 dan SDN lainnya,” tutupnya. (mg-7/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here