Beranda BANTEN Nomor Pertandingan Porprov V Banten, Tak Ada Pemangkasan Medali

Nomor Pertandingan Porprov V Banten, Tak Ada Pemangkasan Medali

0
BERBAGI

STATUS darurat medali yang dikemukakan Ketua Umum KONI Kota Serang Deni Arisandi terkait hilangnya beberapa nomor pertandingan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V/2018 pada cabang olahraga (cabor) angkat besi, angkat berat dan binaraga serta catur dan drumband langsung mendapat tanggapan. Dimana nomor pertandingan yang tertuang dalam Surat Keputusan Ketua Umum KONI Provinsi Banten nomor 15/KONI-BTN/SK-PORPROV/I/2018 pada 31 Januari 2018 sesuai dengan petunjuk teknis dari KONI Pusat terkait nomor-nomor pertandingan pada PON.

“Untuk cabor angkat besi, angkat berat dan binaraga serta catur dan drumband semua sudah sesuai dengan ketentuan dan arahan yang kami dapat terkait PON. Soal berkurangnya jumlah medali yang diperebutkan itu karena dalam SK tak memuat jumlah medali tapi nomor pertandingan,” ucap Setyo Purwanto Anggota Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Banten yang membawahi nomor pertandingan Porprov V.

Untuk jumlah medali yang diperebutkan ungkap Setyo, itu dikembalikan kepada keputusan dari tuan rumah dan Technical Delegate (TD). Apakah jumlah medali yang dipertandingkan sesuai nomor pertandingan atau lebih banyak, kata Setyo dikembalikan kepada tuan rumah dan TD.

Namun berdasarkan informasi yang didapat dari pihak tuan rumah, ungkap Setyo jumlah medali yang diperebutkan pada cabor angkat besi, angkat berat dan binaraga serta catur dan drumband, lebih banyak dari nomor pertandingan yang tercantum dalam SK.

“Kalau melihat daftar yang diajukan tuan rumah berdasarkan rapat dengan TD, ya jumlahnya untuk angkat besi, angkat berat dan binaraga jumlahnya hampir 90 medali. Demikian juga dengan catur jumlah medali yang dipertandingkan itu 38 medali emas,” ucap Setyo.

Hal itu diamini Dudi Darmadi TD cabor catur yang menyatakan SK nomor pertandingan KONI Banten tidak memuat secara rinci jumlah medali yang diperebutkan. Dan pihaknya membenarkan sesuai kesepakatan tuan rumah dengan TD jumlah medali emas yang diperebutkan di cabor catur ada 38 keping.

“Di SK hanya memuat nomor sesuai nomor pertandingan PON seperti catur kilat, catur cepat dan catur buta, tapi tidak memuat berapa medali di catur kilat yang diperebutkan. Kita akan mengaturnya dalam technical hand book,” ungkap Dudi.

Rincinya Dudi menjabarkan untuk kategori putra memperebutkan 20 medali emas, sedang dibagian putri memperebutkan 15 medali emas. Sementara untuk kategori mix (campuran) Porprov V menyajikan 3 medali emas.

Lebih jauh dikemukakan Setyo, untuk jumlah medali yang dipertandingkan masih bisa berkurang dari daftar yang diajukkan Kabupaten Tangerang dan TD. Itu terkait persyaratan peserta yang digunakan berdasarkan arahan KONI Pusat dimana nomor pertandingan bisa dipertandingkan jika memenuhi rumusan N:2 (N dibagi 2).

“N itu jumlah kabupaten dan kota di Banten dibagi 2, jadi pertandingan bisa digelar jika diikuti 4 kabupaten dan kota. Kalau tidak memenuhi itu nomor tidak dipertandingkan,” ungkap Setyo. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here