Home TANGERANG HUB APK Sudah Bisa Disosialisasikan

APK Sudah Bisa Disosialisasikan

0
SHARE

 

TANGERANG – Setelah penetapan letak gambar pasangan calon dalam surat suara, KPU mempersilakan tim pemenangan untuk menyosialisasikan hasilnya selama masa kampanye Pilkada. Ini artinya seluruh alat peraga kampanye (APK) termasuk contoh surat suara bergambar paslon sudah bisa dipasang.

Diketahui, dalam pengundian penempatan letak kolom gambar paslon dalam surat suara, Arief-Sachrudin mendapat posisi di sebelah kanan surat suara.

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi mengatakan KPU berkewajiban melakukan undian letak kolom bergambar paslon pada surat suara terkait surat edaran KPU RI no.160 pada tanggal 12 Februari 2018 lalu kendati hanya ada calon tunggal dalam pilkada Kota Tangerang. “Penetapan ini nantinya akan menjadi bahan dalam sosialisasi di alat peraga kampanye serta surat suara,” ujar Sanusi.

Pada proses pengundian, KPU menyediakan dua pilihan gulungan surat suara yang berisikan posisi gambar paslon dan mempersilakan paslon untuk memilih dan mengambil surat suara tersebut. Calon Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah memberikan mandat kepada wakilnya, Sachrudin untuk memilih surat yang disediakan. Hasilnya, Arief-Sachrudin mendapat letak kolom di posisi sebelah kanan dalam surat suara.

“Setelah diundi, telah ditetapkan gambarnya kalau dilihat dari depan, paslon ada di sebelah kiri surat suara dan kolom kosong ada di sebelah kanan. Kita akan sosialisasikan ke masyarakat nanti pilihannya adalah foto bergambar paslon dan kolom kosong,” Tegas sanusi.

Terkait hasil pengundian letak gambar dalam surat suara, Arief mensyukuri apapun hasilnya. “Semuanya baik, karena yang paling baik itu kan ada di jalur kanan,” ujar Arief. Ia akan segera memasukkan contoh bentuk surat suara dalam desain alat peraga kampanye nanti. Menurutnya, hal itu dapat memberikan gambaran dan pemahaman lebih jelas kepada masyarakat terkait surat suara, terlebih lawannya kali ini adalah kolom kosong.

“Nanti teman-teman juga akan mendesain ini karena kita sudah mendapat arahan terkait desain dan alat peraga kampanye dari KPU, nantinya kita akan masukkan contoh gambar surat suara,” terangnya. (mg-05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here