Home TANGERANG HUB Jaga Balita, Bagi Ribuan Vitamin A

Jaga Balita, Bagi Ribuan Vitamin A

0
SHARE

PAMULANG-Sebanyak 7.847 Vitamin A dibagikan untuk bali di bawah usia lima tahun (Balita). Jumlah vitamin ini, khusus untuk jatah kecamatan Pamulang yang dibagikan melalui Puskesmas Pamulang.

Kepala Puskesmas Pamulang, Fitri menjelaskan, pembagian diberikan kepada bayi berusia 6 hingga 11 bulan dan balita usia 12 sampai dengan 59 bulan. Kegiatan ini, merupakan bagian dari program Dinas Kesehatan Kota Tangsel untuk masyarakat melalui puskesmas. Dimana untuk Kecamatan Pamulang diberikan vitamin A sebanyak 7.847 untuk dibagi di Posyandu, TK dan PAUD.

“Manfaat pemberian vitamin A bagi bayi dan balita adalah untuk tumbuh kembang anak, terutama untuk penglihatan. Selain itu juga meningkatkan daya tahan tubuh serta terhindar dari infeksi penyakit,” terangnya di Puskesmas Pamulang, Rabu (21/2).

Fitri mengimbau, para orang tua di Kecamatan Pamulang untuk segera membawa buah hatinya ke tempat pelayanan kesehatan. Guna mendapatkan vitamin A. “Ibu-ibu diharapkan agar membawa anaknya ke puskesmas, posyandu maupun, taman kanak-kanak, PAUD. Untuk mendapatkan asupan vitamin A secara gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas poli gizi Puskesmas Pamulang Laili menambahkan, kekurangan vitamin A dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Terutama anak dengan usia yang masih rentan seperti 6-11 bulan dan 12-59 bulan.

“Pemberian suplemen vitamin A yang diberikan dua kali dalam setahun sangat bermanfaat. Sebab mampu mencegah terjadinya kekurangan vitamin A dan kebutaan,” ujarnya.

Selain itu, pemberian vitamin ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat mengurangi kejadian kesakitan dan kematian pada bayi dan balita. “Salah satu dampak dari kekurangan vitamin A di antaranya adalah terganggunya penglihatan kemudian tubuh rentan terkena infeksi,” tegasnya.

Adapun pemberian vitamin A di Kecamatan Pamulang bisa diperoleh di Puskesmas Pamulang dengan membagikan ke-40 Posyandu, 16 taman kanak-kanak dan PAUD yang ada.

Menurut Laili, selama ini pemerintah sudah rutin memprogramkan bulan pemberian vitamin A pada balita yakni setiap Febuari dan Agustus. “Selama ini cakupan pemberian vitamin A pada balita di Kecamatan Pamulang sudah cukup baik, yakni rata-rata di atas 90 persen,” katanya.

Dengan hasil yang tercatat, menunjukan adanya partisipasi masyarakat yang cukup tinggi dalam program kesehatan. “Ini sudah cukup bagus, termasuk kunjungan ke Posyandu sangat baik dan rutin,” tuturnya. (mg-7/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here