Home TANGERANG HUB Sampah Situ Gintung Mulai Dibersihkan

Sampah Situ Gintung Mulai Dibersihkan

0
SHARE

CIPUTAT-Sampah yang ada di Situ Gintung, Kelurahan Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur akhirnya mulai dibersihkan, Senin (5/3). Pembersihan dilakukan oleh pihak keluarahan, kecamatan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, serta Koramil Ciputat, RT/RW dan masyarakat yang peduli kebersihan.

Lurah Cireundeu Win Fadlianta mengatakan, sampah dibersihkan dengan cara manual. Yakni, petugas dari DLH dan sejumlah warga turun langsung ke situ untuk mengambil sampah. “Kita tidak menggunakan alat berat lantaran Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel yang memiliki tidak ikut,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (5/3).

Win Fadlianta menambahkan, ada sekitar 60 orang yang terlibat dalam pembersihan sampah di Situ Gintung. Sampah tersebut sudah lama menumpuk di Situ Gintung dan kondisinya sudah mengeras, sehingga perlu tenaga lebih untuk mengangkutnya.

Setelah bekerja keras, sampah berhasil diangkat dan dimasukkan ke dapan bak amrol yang sudah disiapkan DLH. “Dari pagi sampai siang kita berhasil mengumpulkan dan mengangkat tiga bak sampah,” tambahnya.

Menurut Win Fadlianta, sampah tersebut berasal dari aliran kali Enggran dari arah Kelurahan Pisangan. Selain itu, kemungkinan ada juga warga yang buang sampah di Situ Gintung secara sembunyi-bunyi. Untuk itu, ia akan berkordinasi dengan kecamatan, DPU, DLH dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk menindaklanjuti kegiatan bersih-bersih tersebut.

“Kita akan rapat dan buat kesepakatan bersama untuk menjaga kebersihan Situ Gintung dan akan saya tempatkan petugas untuk menjaga wilayah situ tersebut,” jelasnya.

Selain itu, kelurahan Cireundeu juga akan membuat spanduk yang bertuliskan laragan buang sampah di Situ Gintung dan sanksi bila ada yang melanggarnya. Jika ada warga yang buang sampah dan tertangkap akan ditindak tegas sesuai peraturan yang ada dan bisa dikurung. “Tujuannya untuk menjaga kondisi Situ Gintung tetap indah dan terawat, membersihkan itu mudah tapi menjaga susah,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Ciputat Timur Durrahman mengatakan, kewenangan yang menjaga dan merawat Situ Gintung ada di BBWSCC. Namun, lokasi situ berada di wilayahnya maka ia memiliki tanggung jawab membersihkan sampah yang ada. “Saya tidak ingin wilayah Ciputat Timur kotor, makanya saya bersama pihak terkait gotong royong membersihkannya,” katanya. (bud/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here