Home NASIONAL Rombongan polisi di Papua Ditembaki

Rombongan polisi di Papua Ditembaki

309
0
SHARE

PAPUA–Sebanyak 18 personel polisi diberondong tembakan oleh Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) di Papua. Rombongan anggota Polres Puncak Jaya yang terbagi dalam dua mobil itu tengah berpatroli saat menuju Ilu.

“Benar rombongan patroli dari Polres Puja yang dipimpin Kabag Operasi AKP Ferdinand Maasaset sempat ditembak. Namun, tidak ada korban jiwa,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal di Jayapura, Selasa (7/8).

Kamal menambahkan, rombongan polisi tersebut ditembaki sekira pukul 12.30 Wit saat berada di Puncak Senyum, Distrik Irimuli. Praktis, insiden itu sempat menghentikan perjalanan kedua kendaraan karena mengenai kedua mobil.

Tembakan itu mengenai bodi mobil dan ban depan sebelah kiri, sedangkan mobil patroli kedua terkena tembakan di ban depan sebelah kiri dan bak penutup bagian belakang, kata Kombes Kamal.

Setelah mendapat bantuan tambahan personel dari satgas Polda Papua yang di-BKO (bawah kendali operasi) Polres Puncak Jaya, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan.

Namun, sekitar pukul 14.45 Wit, kata Ahmad Kamal, rombongan kembali ditembak hingga menyebabkan ban bocor, seperti diberitakan Antara.

Saat ditanya pelaku merupakan kelompok mana, Kamal mengatakan diduga berasal dari kelompok Philia yang berasal dari Lanny Jaya.

Sebelumnya, pada hari Kamis (2/8), KKSB menembak dua anggota Polres Puncak saat melintas di Kampung Pagaleme, Distrik Mulia dengan menggunakan sepeda motor. Dua polisi yang terluka, yakni Bripka Abraham Balagaise dan Briptu Ronaldus Abar.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR Taufiqulhadi menilai bahwa teror di Papua yang terus terulang itu memalukan. Sebab belum ada solusi konkret yang memperbaiki sampai akar masalah.

“Akan berlarut-larut dan akan memalukan dan seperti tidak ada rencana penyelesaian,” kata Taufiqulhadi.

Maka dari itu Politikus NasDem ini meminta agar ada penyelesaian yang dilakukan dengan baik-baik. Sebab jika dibalas dengan penyerangan pula akan berdampak berlanjutnya kekerasan.(rhm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here