Home TANGERANG HUB Wakil Jokowi Kiai Asal Kresek

Wakil Jokowi Kiai Asal Kresek

1
SHARE
Grafis: Dhimas H/Fajar Indonesia Network

Di detik-detik akhir, Joko Widodo membuat keputusan mengejutkan. Awalnya, Mahfud MD dipilih sebagai calon wakil presiden (wapres) untuk mendampinginya. Namun, keputusan itu berubah. Ia lebih memilih Dr. KH. Ma`ruf Amin, Ketua MUI Pusat, sebagai cawapres untuk bertarung dalam Pilpres 2019 melawan pasangan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

KH. Ma`ruf Amin dikenal luas sebagai ulama. Putra asli Kabupaten Tangerang itu lahir pada 11 Maret 1943, pada masa penjajahan Jepang. Ia lahir di Desa Kresek, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang. Ayahnya, KH. Mohamad Amin, ulama besar di wilayah Barat Tangerang yang muridnya tersebar di penjuru Banten. Masa kecilnya dihabiskan di Kresek. KH. Ma’ruf Amin ini jika dilihat dari garis keturunan keluarganya, termasuk salah satu keturunan, atau tepatnya adalah cicit dari ulama besar Syaikh Nawawi Banten. Syaikh Nawawi Banten ini ulama asli Indonesia yang begitu disegani kelimuannya di dunia internasional, terutama di Mekkah.

Saat remaja ia menimba ilmu agama Islam di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Di bangku kuliah, Ma`ruf Amin menimba ilmu di fakultas Ushuluddin, Universitas Ibnu Chaldun, Bogor pada 1967. Pada 2012, ia mendapatkan gelar Doktor HC dari UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Kota Tangsel di bidang Hukum Ekonomi Syariah.

Karier politik, di era 70 an, KH. Ma`ruf Amin menjadi anggota DPR dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari 1973-1997. Lantas ia hijrah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjadi anggota DPR dari 1999-2004. Selain menjadi politisi, ia juga aktif di banyak organisasi Islam. Di Nahdlatul Ulama (NU), KH. Ma`ruf Amin saat ini menjabat sebagai Rais Aam PB NU. Bagi warga NU, KH. Ma`ruf Amin sudah tak asing lagi. Ia pernah menduduki berbagai jabatan penting di NU.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here