Home TANGERANG HUB Pamulang Siapkan PC Khusus KTP-el

Pamulang Siapkan PC Khusus KTP-el

1
SHARE
KOMPUTER: Petugas Kecamatan Pamulang sedang mendampingi warga yang akan daftar KTP-el secara online. FOTO: Tri Budi/Tangerang Ekspres

PAMULANG-Beberapa waktu lalu warga yang membuatan KTP-el di Kecamatan membludak. Hal ini lantaran belum banyak yang tahu soal aturan baru yakni bagi pemohon pencetakan pertama dan perbaikan KTP-el sudah harus secara online.

Untuk memudahkan warga yang akan daftar KTP-el secara online, Kecamatan Pamulang menyediakan satu seperangkat Personal Computer (PC) di depan kantor pelayanan kependudukan.

Plt Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Pamulang Rony Alamsyah mengatakan, terhitung sejak 4 Juli pendaftaran pembuatan KTP-el khusus untuk pemohon pemula wajib memalui sistem online. “Satu perangkat komputer itu sengaja disiapkan untuk mempermudah warga yang akan daftar secara online,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (12/8).

Rony menambahkan, komputer itu bisa dipergunakan masyarakat yang akan daftar online sendiri. Namun, jika warga mengalami kesulitaan dalam mendaftar, akan dibantu oleh petugas yang telah disiapkan.

“Kalau bisa daftar sendiri silahkan tapi, kalau ga bisa akan dibantu petugas saya,” tambahnya.

Masih menurutnya, kebijakan baru tersebut untuk mempermudah masyarakat yang akan mengurus KTP-el. Bagi warga yang pertama kali mengurus atau membuat TKP-el wajib membawa kartu keluarga (KK). Setelah melakukan perekaman foto, sidik jari dan retina mata, warga harus daftar secara online.

Selanjutnya, warga harus datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel untuk mengambil fisik KTP. “Waktu pengambilan disesuaikan dengan waktu serta kuotanya,” jelasnya.

Untuk KTP-el yang rusak atau hilang, dahulu waraga harus datang langsung ke kecamatan untuk mendaftarkan diri agar dibuatkan KTP-el baru. Namun, saat ini warga tidak harus datang ke kecamatan tapi, bisa daftar online sendiri.

Kemudian warga bisa mengambil KTP-el tersebut ke kantor Disdukcapil. Untuk penetapan kuota, diharapkan warga apabila mendaftar kemudian kuotanya sudah penuh, maka diharuskan mendaftar diri pada hari berikutnya.

Ini berdasarkan sistem yang sudah membatasi sesuai dengan kuota. “Di kecamatan Pamulang tiap hari kita melayani pembuatan 100 KTP-el,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Tangsel Dedi Budiman mengatakan, perangkat komputer yang disiapakn kecamatan Pamulang merupakan inovasi yang bagus dalam melayani warga. Menurutnya, inovasi yang dilakukan tiap kecamatan berbeda-beda, ada yang buka sampai malam dan menyediakan kompuetr untuk daftar online.

“Kita apresiasi inovasi yang telah dilakukan camat, ini semua untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Budiawan menambahkan, sampai saat ini basih ada warga yang belum megurus KTP-el. Padahal itu bentik dilakukan karena KTP model lama sudah tidak berlaku lagi.

Ia menjelaskan, ada beberapa alasa warga belum mengurs KTP-el, seperti lama kerja diluar negeri dan belum pulang, bandel, tidak memeiliki keperluan yang menggunakan syarakat KTP-el.

“Penduduk pendatang dan lama menetap di Tangsel namun, di kampung maupun di Tangsel tidak mau merekam KTP-el juga,” jelansya.

Menurutnya, sampai saat ini pemerakaman KTP-el sudah melampaai jumlah target. Dari 935.000 terget sampai saat ini sudah ada 970.00 warga yang mengurus KTP-el karena ada warga yang pindah datang. “100 persen tentu ga bisa karena, ada warga yang keluar negeri, dan juga pindah,” tuturnya. (bud)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here