Home TANGERANG HUB Gerai Tangerang Gemilang Terus Dibenahi

Gerai Tangerang Gemilang Terus Dibenahi

0
SHARE
PROMOSIKAN PRODUK: Sejumlah kerajinan tangan warga Kabupaten Tangerang dipajang di Gerai Tangerang Gemilang, Jalan Raya Serang KM 22, Desa Bojong, Kecamatan Cikupa, Rabu (15/8). FOTO: Rahmat/Tangerang Ekspres

CIKUPA – Kabupaten Tangerang dikenal sebagai kota seribu industri. Seiring hal tersebut, pelaku usaha kecil menengah dan industri kecil menengah (UKM-IKM) kian bertambah banyak. Upaya terjun ke pasar bebas pun terus dilakukan.

Guna mempromosikan kerajinan tangan pelaku UKM-IKM, Pemerintah Kabupaten Tangerang membangun sebuah gedung megah tiga lantai. Yakni Gerai Tangerang Gemilang (GTG), terletak di Jalan Raya Serang KM 22, Desa Bojong, Kecamatan Cikupa. Selain berada di posisi strategis, gedung itu memiliki lahan parkir yang cukup luas.

GTG diresmikan oleh Ahmed Zaki Iskandar. Kala itu, Zaki menjabat Bupati Tangerang. Peresmian pada 28 Desember 2017 tersebut menjadi sejarah tersendiri karena dikemas dalam momentum Hari Ulang Tahun Kabupaten Tangerang Ke-74.

Lalu bagaimana perkembangan GTG saat ini? Berikut penuturan Ketua Harian GTG Dwi Eka Aprillia Putri. Pengunjung GTG naik sekitar 10 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Selain gencar melakukan sosialisasi, produk khas Kabupaten Tangerang semakin banyak terpajang di sana. Tentu hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Di sisi lain, wanita yang akrab disapa Lia itu mengakui jika GTG belum berkembang secara signifikan, karena masih dalam tahap pembenahan. Pengadaan panggung baru mencapai 50 persen, serta sarana dan prasarana pendingin udara (air conditioner/AC) untuk lantai 2 dan 3 masih dalam proses pengerjaan.

“Pengerjaan AC yang diperuntukkan di lantai dua dan tiga baru mencapai 20 persen. GTG pun belum melakukan promosi yang gencar dikarenakan belum siapnya sarana dan prasarana, baik itu di dalam maupun di luar gedung,” ujar Lia, Rabu (15/8).

Memasuki tahun 2019 nanti, pihak GTG mengharapkan sarana dan prasarana bukan lagi kendala. Sehingga mampu menampung semua unsur yang akan mengadakan sosialisasi, seminar, pelatihan ataupun workshop. Selain itu pihak GTG bisa melakukan promosi secara rutin melalui kegiatan-kegiatan.

“Promosi rutin dapat dilakukan dengan menggelar event seperti senam pagi, seni dan kebudayaan, atau yang lainnya. Ini semata-mata untuk lebih memperkenalkan dan mampu meramaikan GTG itu sendiri,” kata Lia.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Harian GTG Edi Murpik. Dia berharap agar ke depan GTG semakin maju serta memberikan manfaat ekonomis kepada para pelaku UKM-IKM. “Sebab GTG bukan hanya untuk mempromosikan produk-produk lokal Kabupaten Tangerang, tetapi juga dapat dipergunakan untuk seminar dan pelatihan,” ucap Edi.

Adapun aneka kerajinan tangan pelaku UKM-IKM Kabupaten Tangerang. Mulai dari keripik berbagai rasa, sepatu, sandal atau alas kaki, pakaian, tas berbahan kulit reptil, hingga batu hias dan rotan. “Setiap pelaku usaha diberikan pembinaan, sehingga produk yang masuk GTG berkualitas,” pungkas Edi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here