Home OLAHRAGA Persita vs Porprov Kab. Tangerang, Uji Hasil Latihan Fisik

Persita vs Porprov Kab. Tangerang, Uji Hasil Latihan Fisik

0
SHARE
CEPAT: Penyerang Persita Denny Arwin akan dijajal kemampuannya saat menghadapi tim Porprov Kabupaten Tangerang, sore ini.

PERSITA Tangerang akan menjajal kekuatan baru dengan melakukan ujicoba kontra tim Porprov Kabupaten Tangerang, Selasa (21/8) sore di Lapangan Islamic Village. Kekuatan baru yang akan diuji adalah hasil latihan fisik yang dilakoni selama tiga hari sepekan lalu.

Wiganda Saputra Pelatih Persita ingin melihat sejauh mana hasil latihan fisik yang dilakoni Egi Melgiansyah dkk mulai Sabtu (18/8) hingga Senin (20/8) berdampak pada kemampuan tim dan individu.

“Saya tidak akan melihat hasil akhir dari pertandingan ujicoba besok (hari ini, red), saya ingin melihat sejauh mana pemain bisa keluar dari tekanan saat tubuh letih. Saya berharap ada tekanan berarti dari tim Porprov, sehingga bisa terlihat hasilnya,” harap pelatih yang akrab disapa Gandul tersebut.

Mantan pemain timnas Primavera tersebut mengaku pilihan menghadapi tim Porprov besutan Ilham Jayakesuma lebih dikarenakan sulitnya mencari lawan tim Liga 2 dan Liga 3 yang ingin melakukan ujicoba dengan Persita. Pilihan ini menjadi dilematis karena, secara kemampuan Andi Irawan dkk ada dibawah tim Ungu, sementara lawan yang dibutuhkan adalah yang selevel atau satu level dibawah Persita.

Namun demikian, harapan adanya perlawanan dikemukakan Gandul karena tim Porprov Kabupaten Tangerang kerap rutin menggelar latihan. “Saya harap semangat pemain muda yang ingin menunjukkan kemampuan terbaik muncul disini, biasanya pemain muda jika bertemu Persita semangatnya berlipat,” kata Gandul.

Jika harapan itu terwujud, Gandul akan mencoba skema pertandingan menghadapi dua laga kandang Persita kontra Semen Padang dan PSPS Riau pada pertandingan sore ini. Skema yang dimaksud adalah pressing ketat di pertahanan lawan dan skema permainan mengatasi serangan balik lawan.

Dari dua skema ini, pertama Gandul ingin melihat sejauh mana ketajaman pemainnya dalam membuat gol namun melalui proses kerjasama yang mengandalkan kecepatan dan umpan-umpan pendek. Yang kedua adalah bagaimana merespon serangan balik lawan dengan pola pertahanan kolektif dari sejak kehilangan bola.

Sedang Asep Ardiansyah Asisten Pelatih Bidang Fisik Persita mengungkapkan latihan fisik yang dijalani pemain selama tiga hari ditujukan untuk memenuhi tiga elemen peningkatan kemampuan pemain yakni strength (kekuatan), speed (kecepatan) dan endurance (daya tahan). Latihan fisik pada hari pertama pada 18 Agustus dilakukan untuk memenuhi strength, dilanjutkan dengan endurance dan terakhir Denny Arwin dkk diberi latihan yang ditujukan untuk meningkatkan speed.

“Latihan dilakukan secara terisolasi jadi khusus dilakukan untuk latihan fisik, dimana tidak ada keterlibatan coach Gandul pada latihan terisolasi tersebut,” papar pelatih yang akrab disapa Ucus itu.

Namun demikian kata Ucus ada benang merah diantara latihan tersebut, dimana semua terintegrasi dengan skema permainan yang akan diterapkan Gandul. Yang paling utama adalah konsep latihan fisik yang terkait dengan transisi permainan dari bertahan ke menyerang dan sebaliknya.

“Jadi mau latihan speed, endurance atau pun strength semua harus dalam konsep permainan transisi. Ini jadi dasar latihan fisik selam tiga hari, hasilnya akan kita lihat saat ujicoba,” tandasnya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here