Home TANGERANG HUB 152 Kampung PHBS Baru Terbentuk

152 Kampung PHBS Baru Terbentuk

0
SHARE
BERSIH BANGET: Salah satu lingkungan warga di Kecamatan Karawaci disulap menjadi Kampung PHBS yang dilengkapi dengan taman dan pengelolaan sampah.

TANGERANG – Sejak 2016 sampai sekarang, Dinas Kesehatan baru bisa membentuk 152 Kampung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Targetnya sebanyak 300 kampung PHBS bisa terlaksana di seluruh RW di Kota Tangerang.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, dr. Darto mengungkapkan, pada 2016 akhir hanya membentuk 26 Kampung PHBS. Setelah itu dilanjutkan dengan 39 kampung lainnya pada tahun 2017.

“Selanjutnya bertepatan pada HUT RI ke 72 dibentuk 26 Kampung PHBS dan terakhir pada Hari Kesehatan Nasional sebanyak 62 RW, jadi total keseluruhan 152 RW,” ujarnya.

Ia mengatakan, PHBS bukan hanya membentuk sebuah RW menjadi kampung yang bersih dengan bantuan anggaran dari pemerintah Kota Tangerang. Melainkan mengubah perilaku hidup masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut.

“Yang kita bentuk itu bukan hanya lingkungan fisiknya melainkan bagaimana mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengubah dan memperbaiki lingkungannya menjadi lebih sehat,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam membentuk Kampung PHBS, pihaknya bekerjasama dengan Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) dan PKK. Selain itu, ia juga bekerjasama dengan OPD lain yang terkait.

“Untuk mengajak masyarakat menggandeng FKTS dan PKK, kalau untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, kita koordinasikan dengan Dinas PUPR. Kalau untuk tanaman dan budidaya ikan kita koordinasikan dengan Dinas Pertanian dan CSR perusahaan,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat di RW yang tidak termasuk dalam program Dinkes Kota Tangerang dapat ikut menjadikan kampungnya menjadi Kampung PHBS yang mandiri.
“Alhamdulillah, memang ada juga kampung yang tidak termasuk kampung kumuh malah ingin ikut menjadi Kampung PHBS. Kita harapkan semua kampung bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya.(Mg-11)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here