Home OLAHRAGA Jelang Porprov V 2018, Sudah Siap 99 Persen

Jelang Porprov V 2018, Sudah Siap 99 Persen

0
SHARE
MASKOT: Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Ketua Panitia Porprov V Banten H. Moch Maesyal Rasyid (keempat dan ketiga dari kiri) berfoto bersama dengan maskot Porprov V Banten 2018 Mat Solear dan Ketua Umin KONI Banten Hj. Rumiah Kartoredjo serta perwakilan Kabupaten Kota se-Banten. FOTO: Aries Maulansyah/Tangerang Ekspres

KABUPATEN Tangerang memastikan kesiapan menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten seusai dengan jadwal yang ditetapkan. Kepastian tersebut disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada acara Press Conference & CdM Meeting yang digelar pada salah satu hotel di BSD City, Pagedangan, Rabu (26/9) pagi.

Zaki, sapaan Ahmed Zaki Iskandar, pada sambutannya menyatakan kesiapan Kabupaten Tangerang ditunjukkan dengan hampir rampungnya pembangunan beberapa venue pertandingan. Dimana pembangunan venue telah memenuhi standar internasional. Dan saat ini pembangunannya dinilai telah hampir rampung 99 persen.

Hal ini dilakukan Pemkab Tangerang sebagai hasrat dan keinginan besar agar Porprov yang digelar pada 4-11 November memenuhi tujuan dan cita-cita bersama dalam menciptakan atlet yang berprestasi tak hanya di level nasional tapi juga internasional.

“Kami tentu saja sebagai Pemda akan selalu mendukung kebijakan yang diambil Pemprov, dalam rangka meningkatkan dan memajukan olah raga di Banten. Yang penting dari semua ini, adalah sarana dan prasarana yang layak, ini yang akan kami tampilkan di Porprov V Banten nanti,” ucap Zaki dalam sambutan.
Ditambahkan oleh Ketua Pengprov Perbasi Banten, hingga saat ini persiapan dari sejumlah venue sudah memasuki tahap finishing. Zaki menjamin seluruh pembangunan venue baru akan rampung akhir Oktober.

Namun sebelum digunakan pada Porprov V Banten, pihaknya akan melakukan ujicoba terlebih dahulu untuk venue baru. “Mudah-mudahan akhir Oktober sudah siap, dan kami akan segera lakukan percobaan terlebih dahulu sebelum dipertandingkan. Target kami pekan ketiga dan keempat sudah bisa trial di venue yang baru dibangun nanti,” tuturnya.

Secara umum kesiapan Kabupaten Tangerang juga sebagai upaya mendukung target yang dicanangkan Pemprov dan KONI Banten. Oleh karena itu, tema yang mereka usung yakni Porprov V Banten Kita Tingkatkan Prestasi Cemerlang pada PON XX di Papua.

Lebih jauh diungkap Zaki, venue yang baru dibangun nantinya membuat Banten bisa bersaing dengan provinsi lain dalam kompetisi olahraga. Karena atlet Banten sudah terbiasa dengan menggunakan sarana latihan dan bertanding yang refresentatif.

“Selain untuk Porprov kedepan venue yang ada akan kita gunakan untuk menggelar kejuaraan baik tingkat Banten, maupun tingkat nasional hingga internasional. Dengan keberadaan Bandara Soekarno Hatta, sarana yang ada akan menunjang kegiatan wisata olahraga,” ucap Zaki.

Sedang Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banten Hj. Rumiah Kartoredjo dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, Banten telah membuktikan prestasinya dikancah internasional, dengan menyumbangkan dua keping medali emas, dua perak dan dua perunggu pada ajang Asian Games. Melalui ajang Porprov nanti dirinya menginginkan menjadi penyemangat atlet untuk bisa berprestasi lebih baik lagi.

“Porprov V menjadi modal buat Banten agar prestasi atlet bisa diteruskan melalui ajang yang lebih tinggi. Saya meminta agar pelaksanaan Porprov V Banten harus menjadi pekan olah raga yang menghasilkan prestasi, bukan sebagai rekreasi,” ucapnya.

Kata mantan Kapolda Banten itu Porprov sangat penting untuk menentukan atlet Banten, yang nantinya akan berlaga di PON XX Papua. KONI Banten akan menjadikan Porprov untuk menentukan atlet unggulan yang akan berlaga pada ajang tersebut, salah satunya melalui Porprov V Banten ini. Maka pelaksanaan Porprov V Banten dilarang untuk main-main.

“Dengan peningkatan prestasi dari PON Riau Banten di peringkat 21 kemudian meningkat di PON Jabar dengan meraih peringkat 13. Ditambah dengan prestasi atlet Banten di kancah Asian Games, akhirnya Pengprov Banten memberi tantangan kepada kita untuk menempati peringkat 8 besar di PON XX Papua,” katanya.

Ia memaklumi setiap daerah peserta Porprov ditargetkan prestasi masing-masing, namun ia berharap agar pencapaian target tersebut tidak dilakukan menggunakan cara yang akan merugikan dikemudian hari. Menurut dia, Porprov targetnya yakni untuk mempersiapkan atlet potensial Banten dari seluruh cabor, yang hasil akhirnya untuk prestasi di PON.

“Porprov itu kan muaranya ke PON, jadi sudah sepatutnya dilakukan dengan cara prestasi yang sportif. Jangan sampai membuat kita merugi nantinya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Rumiah mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tangerang khususnya Zaki selaku Bupati Tangerang yang telah menyiapkan venue pertandingan terbaik buat atlet Banten. “Saat ini saya nilai semua venue sudah 99 persen siap digunakan, hanya ada beberapa yang masih dalam tahap pembangunan namun itu hanya menunggu barang-barang tertentu yang harus di import,” ucap Rumiah.

“Secara umum kami lihat keseriusan yang sangat tinggi dari Pemkab Tangerang dan masyarakat olahraganya untuk sukses pelaksanaan Porprov,” pungkasnya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here