Home TANGERANG HUB Petani dan Nelayan Terus Berinovasi

Petani dan Nelayan Terus Berinovasi

0
SHARE
TIMUN: Seorang petani menanam timun saat hasil panen padi tidak sesuai harapan di Desa Legok Sukamaju, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SUKAMULYA – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tangerang, berperan sebagai wadah pengali potensi dan inovasi para petani dan nelayan. Tujuannya, mewuwujudkan usaha pertanian dan perikanan yang dijalankan secara baik.

Didi Rosadi, Ketua KTNA Kabupaten Tangerang mengatakan, pihaknya selalu berupaya menggali potensi usaha pertanian, agro bisnis dan nelayan. Kemudian, dapat mencari solusi permasalahan pertanian dan perikanan. Menurutnya, peran KTNA tingkat desa sampai pusat begitu berperan.

“KTNA merupakan organisasi profesi petani dan nelayan yang independen, berorientasi kepada kegiatan ekonomi, sosial dan budaya disektor pangan atau agro bisnis berbasis pedesaan. Kemudian, berwawasan lingkungan dan berdaulat dengan skala nasional, sehingga dapat mewakili aspirasi petani dan nelayan kepada pemerintah atau swasta,” kata Didi, kemarin.

Peran KTNA, dianataranya memberikan penyuluh swadaya, mengelola koperasi, mengelola pusat pelatihan pertanian perdesaan swadaya (P4S), mitra kerja pemerintah, mitra usaha swasta dan badan usaha milik daerah (BUMD), pelindung dan pembela kepentingan  petani dan nelayan.

Didi yang sejak 2007 aktif di KTNA Kecamatan Cisoka dan kelompok tani mengaku, selalu melakukan inovasi dan edukasi kepada para petani untuk dapat mengidentifikasi permaslahan di lapangan, misalkan permasalahan pengairan, infratruktur, hama penyakit dan lain-lain.

“Para petani harus dapat menganalisa usaha tani, sehingga kesejahteran dan kemandirian bisa dibangun. Misalkan, melakukan penanaman komoditi unggulan, seperti pepaya california. Selain itu, bisa menerapkan tekhnologi pertanian,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pihaknya harus mengawal kebijakan pemerintah. Kemudian, ikut serta dalam musyawarah rencana pembangunan (musrembang) mulai tingkat desa. Sehingga, lanjutmya, kebutuhan petani dan nelayan bisa tersampaikan ke pemerintah dan direalisasikan.

“Permerintah Kabupaten Tangerang selalu memberikan program yang baik untuk petani dan nelayan, supaya kami bisa maju dan sejahtera,” harapnya. (mg-2/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here