Home TANGERANG HUB Jebol, Jembatan Kali Marga Mulya Dibangun

Jebol, Jembatan Kali Marga Mulya Dibangun

0
SHARE
RAPIH: Jembatan Kali Marga Mulya di Kampung Bebulak RT 02/03, Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, sudah rapih setelah diperbaiki. Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

MAUK – Bertahun-tahun, kondisi jembatan Kali Marga Mulya di Kampung Bebulak RT 02/03, Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang jebol, sehingga tidak dapat digunakan masyarakat. Tahun ini, jembatan tesebut sudah dipernaiki dengan mamanfaatkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) Marga Mulya.

Suryanto, Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan Desa Marga Mulya mengatakan, jembatan Kali Marga Mulya menjadi akses penting warga Desa Marga Mulya. Sebab, jembatan menjadi sarana warga untuk meyeberang ke area persawahan.

“Sebelum diperbaiki, warga membuat jembatan sementara dari bambu dengan panjang delapan meter dan lebar 0,5 meter,” tuturmya, Selasa (2/10).

Menurutnya, ia tidak mengetahui pasti bangunan jembatan lama yang jebol dan rapuh dibangun sejak tahun berapa. Yang pasti, lanjutnya, jembatan sudah tidak bisa digunakan masyarakat.

Setelah diperbaiki, masyarakat bisa kembali menggunakan jembatan. Sekarang, kendaraan roda empat dan dua sudah bisa melintas. Sehingga, warga yang berprofesi sebagai petani dimudahkan dalam menjalankan aktifitas pertanian.

Saat ini, demi merealisasikan permintaan warga, pihaknya memperbaiki jembatan yang jebol dengan memanfaatkan anggaran pendapan belanja desa (APBDes) tahun 2018. Ia memaparkan, Pemerintah Desa Marga Mulya menerima anggaran dibidang pembangunan sebesar Rp 974.779.100. Selain itu, anggaran dibidang penyelengaraan pemerintahan Rp 870.301.131, bidang pemberdayaan masyarakat Rp 359.053.434 dan bidang pembinaan masyarakat Rp 325.968.335.

“Untuk bidang pembangunan, kami melakukan pembangunan jalan paving blok, saluran pembuangan air limbah dan jembatan,” ujarnya.

Adapun sumber pendapatan APBDes Marga Mulya pada 2018 ini, ia menjelaskan, bersumber dari dana desa (DD) sebesar Rp 1.314.582.534, alokasi dana desa (ADD) Rp 598.535.578, bagi hasil pajak dan restribusi Rp 616.784.863. Jadi, sambungnya total APBDes Marga Mulya sebesar Rp 2.529.866.975.

“Semoga anggaran ini dapat bermanfaat sesuai plotnya masing-masing. Sehingga, sumber daya manusia dan infrastruktur di Desa Marga Mulya semakin baik dan maju,” harapnya. (mg-2/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here