Home TANGERANG HUB TNG Gagas Parkir Digital

TNG Gagas Parkir Digital

0
SHARE
PADAT: Ratusan motor terparkir di samping Stasiun Tangerang, Selasa (2/10). FOTO: Abdul Azis Muslim/Tangerang Ekspres

TANGERANG – PT Tangerang Nusantara Global (TNG) menggagas sistem parkir menggunakan aplikasi digital. Dalam penerapannya, holding BUMD Kota Tangerang menggandeng  PT Adhi Triyasa Sakti (ATS) selaku operator sistem.

Ini merupakan yang pertama dan secara bertahap diberlakukan di seluruh ruas jalan di Kota Tangerang.

Penggunaan sistem perparkiran dengan aplikasi tersebut sebagai alih teknologi untuk memudahkan transaksi menuju era pembayaran non tunai. Sehingga masyarakat dapat melakukan pembayaran baik tunai maupun nontunai.

Budi Darmawan, Direktur Utama PT. ATS auto parkir mengatakan, saatnya perubahan dan sistem dengan menggunakan alat digital secara transparan. Guna menekan penyelewengan yang selama ini terjadi dan meningkatkan pendapatan Pemerintah Daerah Kota Tangerang.

Ia menjelaskan, aplikasi ini mempunyai beberapa fitur antara lain dapat mengetahui wilayah parkir di wilayah Kota Tangerang. Selain itu, Budi menyebut sistem aplikasi berbasis digital juga menggunakan system pembayaran uang elektronik dengan pembelian top-up dan dapat memesan tempat perparkiran

Sistem pembayaran akan dimonitoring secara 24 jam secara online dan ditampilkan di Dashboard Tangerang Live yang dikelola Diskominfo. Sehingga Pemerintah Kota Tangerang bisa melihat pendapatan secara real time.

“Dengan demikian,  keberadaan petugas di setiap ruas jalan di Kota Tangerang bisa menjadi lebih profesional dan modern,” tutur Budi.

Nanang Hermawan, Direktur PT TNG menjelakan, sistem parkir berbasis digital ini dapat diintegrasikan dengan sistem lain kedalam satu sistem yang transparan. Sehingga mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi menggunakan teknologi ini.

“Semoga karya anak bangsa ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah secara transparan,” tambah Nanang.

Nanang menambahkan, selain di Kota Tangerang, dalam waktu dekat sistem parkir berbasis digital juga segera diterapkan di Jakarta, Bandung dan kota lain di Indonesia.

“Fitur ini dinilai akan memberikan keamanan, kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat karena dilindungi asuransi”, ujarnya. (raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here