Home TANGERANG HUB TPA Rawa Kucing Dapat Tambahan Lahan

TPA Rawa Kucing Dapat Tambahan Lahan

0
SHARE
MENGGUNUNG: Tumpukan sampah di TPA Rawa Kucing terlihat menggunung, Rabu (10/10). FOTO: Randi/Tangerang Ekspres

TANGERANG – TPA Rawa Kucing sampai saat ini masih bisa menampung sampah warga Kota Tangerang. Dengan luas lahan yang dimiliki seluas 34,8 hektar, baru sepertiganya yang digunakan.

Bahkan belum lama ini, TPA Rawa Kucing mendapat hibah lahan seluas 5 hektar dari Kementerian PUPR. Lahan tersebut sebagai cadangan jika  TPA rawa Kucing milik pemkot Tangerang habis dipergunakan.

Namun, saat ini lahan dari Kementerian PUPR belum digunakan.

Menurut Kepala Pengawas TPA Rawa Kucing Teguh Supripto,  lahan tersebut diberikan ke TPA Rawa Kucing pada Maret lalu. Dikatakan, lahan itu diperuntukan membantu TPA Rawa Kucing menampung sampah agar tidak overload.

“Pada Maret lalu, Kementerian PUPR memberikan  bantuan berupa landfil (lahan,red) seluas 5 hektar untuk menampung sampah yang ada di TPA Rawa Kucing. Tetapi landfil tersebut belum kita gunakan karena memang lahan TPA Rawa Kucing masing sanggup menampung sampah warga Kota Tangerang,”ujarnya.

Tetapi lahan tersebut belum digunakan karena memang TPA Rawa Kucing masih bisa menampung sampah dengan volume sampah setiap harinya 1.200 ton hingga 1.500 ton sampah.

Lebih jauh Teguh menambahkan, volume sampah yang masuk TPA Rawa Kucing masih normal dengan rata-rata 1.200 ton sampai 1.500 ton per hari. Kata dia, kenaikan volume sampah terjadi pada saat hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha dan Tahun Baru.

“Untuk hari biasa, volume sampah masih normal dan tidak ada kenaikan. Bahkan setiap hari ada 180 armada yang mengangkut sampah dan tidak membuat volumenya bertambah. Karena sampah yang datang langsung diproses agar tidak terjadi penumpukan,”ujarnya.

Teguh menambahkan, sampah yang dibawa ke TPA Rawa Kucing hanya sampah warga Kota Tangerang. Wilayah lain seperti Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan DKI Jakarta tidak diperbolehkan membuang di TPA Rawa Kucing.

“Saat ini kami hanya menerima sampah warga Kota Tangerang  saja. Di luar Kota Tangerang belum bisa kami terima, bahkan sampah dari Bandara Soekarno-Hatta juga tidak terima. Karena memang tidak ada kesepakatan untuk membuang sampah di TPA Rawa Kucing,”pungkasnya. (mg9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here