Home PENDIDIKAN Pengembangan Budaya Islam SMPN 21 Tangsel

Pengembangan Budaya Islam SMPN 21 Tangsel

0
SHARE
EKSKUL HADROH: Tim ekskul hadroh SMPN 21 Kota Tangsel berfoto bersama sebagai salah satu ekskul pengembangan budaya Islam di sekolah. FOTO: Bunga Mardhikarani/Tangerang Ekspres

PAMULANG – Bersinergi dengan motto Kota Tangsel, Cerdas Modern dan Religius. SMPN 21 Kota Tangsel kini terus berbenah diri untuk mengembangkan budaya Islam di kehidupan sekolah. Menggelontorkan berbagai program terbaik untuk meningkatkan karakter Islami pada seluruh siswanya.

Belum lama ini, SMPN 21 Kota Tangsel menggelar salat gerhana bersama. Dalam satu hari penuh, seluruh warga sekolah menjalani kegiatan keagamaan bersama-sama. Mulai dari salat wajib, tahajud, duha hingga witir bersama. Menariknya, ratusan orangtua siswa juga ikut salat subuh bersama saat kegiatan tersebut.

“Dalam sehari penuh itu, bersama-sama kita mendekatkan diri kepada yang kuasa. Saat subuh kita berhasil mengajak ratusan orangtua siswa untuk salat bersama. Hari itu sangat berkesan dan indah untuk kita semua. Semoga ini bisa menjadi kegiatan rutin mungkin tahunan atau bulanan,” unkap Yanto, Kepala SMPN 21 Kota Tangsel.

Ia pun menjelaskan, berbagai program lainnya guna meningkatkan budaya Islam di sekolah. SMPN 21 Kota Tangsel juga memiliki kelas pengayaan agama, salat berjamaan yaitu zuhur dan ashar di sekolah, ekskul hadroh dan rohis hingga klinik PAI.

“Di kelas pengayaan kita mengajak siswa minimal bisa menghafal juz 30. Siswa dibina, dituntun hingga dilakukan sesi ujian hafalan. Program ini sudah berlangsung satu tahun terakhir ini,” kata Yanto.

Selain itu, penerapan budaya Islam dilingkungan sekolah dipengaruhi oleh situasi dan kondisi di lingkungan sekolah beserta nilai agama yang mendasarinya. Dalam penerapanya terdapat model-model penerapannya, mulai dari mengucapkan salam dan sopan santun.

Saling tolong-menolong, menghormati dan menghargai, menjaga kebersihan dan kelestarian Lingkungan hingga tak lupa dengan perayaan hari besar Islam.(bun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here