Home TANGERANG HUB 20 Pemuda Dilatih Setir Mobil

20 Pemuda Dilatih Setir Mobil

1
SHARE
BERI SAMBUTAN: Kepala Disnaker Kota Tangsel Purnama Wijaya memberikan sambutan dalam pembukaan pelatihan setir mobil di aula kantor Kelurahan Rawa Buntu, Serpong, Senin (22/10). FOTO: Dok. Disnaker for Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel menggelar pelatihan kursus setir mobil bagi masyarakat. Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan yang diadakan dari 22 Oktober sampai 2 November mendatang. Pembukaan kegiatan ini digelar Aula Kelurahan Rawa Buntu, Serpong.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel Purnama Wijaya mengatakan, tujuan pelatihan mengemudi tersebut supaya warga yang masih dalam angkatan kerja dapat memiliki keahlian untuk mencari kerja. “Terutama warga yang masih menganggur,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (26/10).

Purnama menambahkan, peserta pelatihan berasal dari warga Kelurahan Rawa Buntu. Pelatihan setir mobil dipilih lantaran menjadi usulan dalam Musrenbang tahun lalu.

“Untuk tenaga pelatih Disnaker menggandeng lembaga khursus stir mobil yang berpengalaman. Pelatihan terdiri dari teori dan praktik mengemudikan mobil,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggara Pelatihan pada Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel Barnas Sumantri mengadakan, pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kualitas warga Rawa Buntu agar memiliki keterampilan. “Pelatihan setir mobil ini merupakan program pembinaan untuk masyarakat,” ujarnya.

Barnas menambahkan, tidak hanya itu, pelatihan juga untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Rawa Buntu. Disnaker ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program kegiatan peningkatan kualitas SDM.

“Jadi, jika peserta sudah memiliki ketrampilan bisa bisa mengembangkan di dunia usaha, baik jadi supir mobil pribadi maupun angkutan umum,” tambahnya.

Masih menurutnya, tujuan pelatihan setir mobil tersebut diberikan agar warga bisa mengendarai kendaraan roda empat. Baik secara teknis maupun parktek, diharapkan nantinya akan berguna dalam bekerja atau meningkatkan perekonomian keluarga.

Pelatihan setir mobil ini baru pertama dilaksanakan Kelurahan Rawa Buntu. Dengan adanya pelatihan tersebut peserta diharap bisa lebih semangat dalam mengasah keterampilannya. Terlebih hal ini juga bermanfaat untuk dirinya sendiri.

“Saya berharap pelatihan ini bisa mengurangi pengangguran yang ada, khususnya Kelurahan Rawa Buntu,” ungkapnya.

Barnas menuturkan, tak hanya dilatih mengemudi, pada akhir pelatihan peserta nantinya juga akan difasilitasi mengurus surat izin mengemudi (SIM).

“Kita juga bantu biaya dalam pembuatan SIM, sehingga setelah warga mengikuti pelatihan siap terjun bekerja,” tuturnya. (bud/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here