Home TANGERANG HUB Warga Antusias Daftar BPJS Kesehatan di Puskesmas

Warga Antusias Daftar BPJS Kesehatan di Puskesmas

0
SHARE
MELAYANI: Nur Fakhtin Nisa, Relation Officer BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa (kedua dari kanan) melayani warga yang melakukan perubahan data dan pendaftaran BPJS Kesehatan di Puskesmas Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Jumat (26/10). FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

PAKUHAJI – Petugas Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa memberikan pelayanan keliling di Puskesmas Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Jumat (26/10). Tujuan pelayanan ini, untuk mempermudah masyarakat mendaftar BPJS Kesehatan.

Nur Fakhtin Nisa, Relation Officer (RO) BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa mengatakan, pihaknya berkeliling mengunakan mobil pelayanan pelanggan BPJS Kesehatan atau MCS ke setiap Puskesmas di setiap kecamatan di Kabupaten Tangerang.

“Sejak awal pekan lalu, kami disini untuk melayani perubahan data dan pendaftaran BPJS Kesehatan. Pekan depan, kami berada di Puskesmas Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur,” kata wanita yang akrab disapa Fakhtin ini, kemarin.

Lebih lanjut, menurutnya, pelayanan keliling seperti ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus BPJS Kesehatan sesuai keperluan mereka, yaitu melakukan perubahan data dan pendaftaran. Sebab, bagi masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa, terkadang mereka malas untuk mengubah data yang keliru dan mendaftar baru.

Lebih lanjut Fakhtin, memaparkan, perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan perubahan data, yaitu memberikan kartu BPJS Kesehatan yang ingin diubah, fotocopy KK, fotocopy KTP dan bukti pembayaran terakhir. Sedangkan, persyaratan pembuatan BPJS Kesehatan, yaitu fotocopy KTP, fotocopy KK yang diterbitkan Disdukcapil dan memberikan nomor handphone.

Bila masyarakat menyadari, ia menjelaskan, BPJS Kesehatan dapat membantu masyarakat ketika menerima musibah (sakit). Menurutnya, terkadang masyarakat tidak memiliki sejumlah uang tunai untuk membayar pelayanan kesehatan di puskesmas, klinik dan rumah sakit. Jadi, bila sudah terdaftar kedalam BPJS Kesehatan, masyarakat akan menerima pelayanan kesehatan gratis. Sebab, sudah melakukan pembayaran paling telat hari kesepuluh dalam setiap bulan.

Setiap bulan, ia memaparkan, masyarakat yang mendaftar BPJS Kesehatan katagori kelas satu membayar bulanan sebesar Rp80 ribu, kategori kelas dua senilai Rp51 ribu dan kategori kelas tiga sebesar Rp25.500. Sedangkan, masyarakat yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan kategori penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah daerah atau pusat, berbeda perhitungannya.

“Dalam sepekan ini, masyarakat yang melakukan perubahan data dan mendaftar BPJS Kesehatan di Puskesmas Pakuhaji begitu antusias. Ini karena bisa mencapai dua ratus sampai tiga ratus warga yang datang ke kami,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Muhamad Nasir, salah satu warga mengatakan mengetahui informasi ada pelayanan keliling BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa di Puskesmas Pakuhaji, dari tetangganya. Menurutnya, ini merupakan momen untuk mendaftarkan seluruh anggota keluarga mengikuti program BPJS Kesehatan.

“Kalau datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa, lumayan jauh dari rumah saya,” kata Nasir, warga Kampung Duri RT 04/01, Desa Paku Alam, Kecamatan Pakuhaji itu.

Bila seluruh anggota keluarga terdaftar dalam BPJS Kesehatan, ia menyebutkan, akan merasa tenang. Sebab, ini untuk berjaga-jaga kalau tidak memiliki uang mencapai jutaan rupiah saat melakukan pengobatan penyakit suatu saat nanti.

“Kalau ikut BPJS Kesehatan kategori kelas tiga, saya cuma cukup bayar Rp25.500 per bulan, dikalikan dengan jumlah anggota keluarga saja,” ujarnya. (mg-2/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here