Home TANGERANG HUB Warga Binaan Berpakaian Ala Pahlawan

Warga Binaan Berpakaian Ala Pahlawan

0
SHARE
ALA PAHLAWAN: Ratusan warga binaan Lapas Pemuda Tangerang memperingati Hari Pahlawan dengan mengenakan kostum ala pahlawan.

TANGERANG- Warga binaan Lapas seluruh Indonesia mengikuti peringatan Hari Pahlawan secara serentak. Peringatan bertemakan The Gathering of Heroes ini terpusat di di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Sabtu (10/11).

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Sri Puguh Budi Utami menuturkan, sesuai pesan Bung Karno agar kita tidak melupakan sejarah. Pesan tersebut memiliki makna agar hal-hal positif yang sudah dicapai masa lalu tidak dilupakan begitu saja.

Sebagai warga negara harus tetap menghormati jasa para pahlawan bukan sekadar mengenang masa perjuangannya. Tetapi harus diwujudkan dan diterapkan jiwa nasionalisme dan  patriotismenya.

“Bung Karno bilang, Jas merah, jangan lupakan sejarah. Untuk warga binaan pun harus menyadari dan menghargai jasa-jasa para petugas pemasyarakatan yang setiap hari memberikan pelayanan, pembimbingan dan pembinaan,”kata Sri dalam sambutannya.

Kegiatan yang digagas lembaga pemasayarakatan ini, lanjut Sri, menjadi salah satu cara untuk memberikan jiwa nasionalisme. Selain itu, The Gathering of Heroes bertujuan agar warga binaan memiliki semangat baru untuk kehidupan lebih baik sehingga dapat memberikan kontribusi hal yang positif dalam bermasyarakat.

“Tujuan itu kan re-integrasi sosial, keluar dari sini harus lebih baik,” tukasnya.

Lebih lanjut, Sri memberikan apresiasi kepada Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan sangat baik juga  telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa di Lapas untuk menjadi lebih baik.

“Ini semua tidak akan terealisasi kalau bukan kehendak Tuhan. Gajah mati meninggalkan Gading, Macan mati meninggalkan Belang manusia mati meninggalkan kebaikan, karena kita ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia, ” paparnya.

Senada dikatakan Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Harun Sulianto, kegiatan yang dirangkai dengan menggunakan busana ala pahlawan bagian dari pembinaan terhadap warga binaan pemasyarakatan.

Harun mengatakan, dalam kegiatan ini ada narapidana teroris yang akan mengambil bagian dengan membacakan pesan-pesan pahlawan. Ini membuktikan bahwa The Gathering of Heroes memberikan dampak yang sangat baik bagi para warga binaan.

“Warga binaan cukup antusias menyambut hari pahlawan ini, mereka akan menampilkan talenta mereka masing-masing yang kita lombakan,”katanya.(raf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here