Home BISNIS Presiden Jokowi Undang 31 Bupati Ke Istana, Bupati Harus Ikut Jaga Stabilitas...

Presiden Jokowi Undang 31 Bupati Ke Istana, Bupati Harus Ikut Jaga Stabilitas Harga

0
SHARE
BERTEMU BUPATI: Presiden Jokowi menerima sejumlah bupati, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (12/11) siang. FOTO: Rahmat/Humas

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para bupati se-Indonesia ke Istana Merdeka, Jakarta, kemarin. Presiden berharap kemudahan berinvestasi akan mendorong perkembangan perekonomian daerah.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Mardani H Maming, Presiden menyinggung masalah ekonomi di Tanah Air.

Presiden Jokowi pun menginstruksikan para bupati untuk menjaga kestabilan harga, khususnya terkait inflasi pada saat tahun baru nanti.

“Ya Pak Presiden menginstruksikan untuk kestabilan harga khususnya inflasi di tahun baru ini para kepala daerah sama-sama semuanya menjaga,” kata Maming usai bertemu dengan Presiden di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (12/11).

Menurut dia, Presiden mengajak para kepala daerah fokus dan tidak aneh-aneh sehingga hasilnya dapat lebih dirasakan masyarakat.

Presiden Jokowi pada Senin ini menerima 31 bupati dari berbagai daerah di Indonesia.

“Ini adalah pertemuan kelima dari pertemuan terbatas yang dilakukan presiden dengan kepala daerah, ” kata Mardani yang juga Bupati Tanah Bumbu Kalsel itu.

Sementara itu, menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Presiden menginstruksikan para bupati untuk mempermudah investasi dan memperpendek proses birokrasi. Presiden berharap investasi yang masuk dapat menekan angka inflasi.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyinggung pertumbuhan sektor ekonomi kreatif. Ia meminta kepala daerah untuk mendorong sektor ekonomi kreatif semakin tumbuh, salah satunya dengan menggandeng sektor pendidikan agar dapat melahirkan pengusaha-pengusaha muda.

“Misalnya kopi. Masa kita ini menghasilkan kopi paling banyak tapi kalah sama Italia yang tidak punya menghasilkan kopi. Harus ada jurusan kopi. Beliau ngajak para kepala daerah itu simple, fokus, enggak usah aneh-aneh. Supaya hasilnya bisa lebih terukur,” jelas dia.

Dalam kesempatan ini, para bupati juga menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi. Menurut Azwar Anas, pembangunan berbagai infrastruktur dapat membuka daerah-daerah terisolir, termasuk di daerah Banyuwangi.

“Berkat infrastruktur yang dibangun Pak Presiden banyak kabupaten yang terisolir selama puluhan tahun sekarang telah mudah diakses. Yang dulu perjalanan 10 jam sekarang tinggal 2 jam. Bahkan 1 jam dan lain-lain,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu juga Presiden meminta pemerintah daerah mempermudah pelayanan dan menjaga inflasi.

“Presiden mendorong supaya para bupati megembangkam ekonomi kreatif, sektor pendidikan bisa diajak kolaborasi untuk melahirkan entrepreneurs misalnya kopi,” kata Azwar Anas lagi.

Lebih lanjut, Azwar Anas mengatakan, Bupati Lampung juga menyampaikan usulannya kepada Presiden. Menurut dia, usulan tersebut terkait pembangunan bandara yang mangkrak selama bertahun-tahun.(okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here