Home TANGERANG HUB Simanja Bikin DPU Makin Sigap

Simanja Bikin DPU Makin Sigap

1
SHARE
TURUN LANGSUNG: Plt Kepala Dinas PU Kota Tangsel Aries Kurniawan (tengah) turun langsung untuk memantau tim penanganan banjir yang diterjunkan ke Buaran, Serpong. FOTO: Dok DPU for Tangerang Ekspres

SETU-Untuk mempermudah warga menyampaikan laporan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel telah menyediakan layanan berbasis sistem operasi android.

Aplikasi ini bernama Sistem Manajemen Jalan dan Jemabatan (Simanja). Melalui sarana ini, warga yang akan mengadukan masalah infrastruktur di Kota Tangsel cukup melalui Hp.

Staf DPU Kota Tangsel Budi Handito mengatakan, keberadaan aplikasi Simanja diklaim mampu menjembatani kepentingan warga dalam menyampaikan aspirasi terkait infrastruktur di Kota Tangsel. Khususnya, jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab DPU.

Terbukti aplikasi berbasis sistem oprasi android (OS) berjalan dan bisa membantu warga tangsel dalam menghadapi musim penghujan. “Contohnya, saat terjadi banjir di Kampung Buaran, Serpong. Petugas DPU bisa bergerak cepat, berkat ada warga yang melapor lewat Aplikasi Simanja, bahwa kediaman beberapa warga terendam banjir pada hari itu,” kata Budi, Kamis (29/11).

Budi melanjutkan, pada hari itu, DPU langsung menerjunkan tim untuk meninjau titik banjir. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata penyebab banjir di Kampung Buaran RT03/RW05 tersebut karena tersumbatnya drainase di kawasan itu. Sehingga, tingginya curah hujan tak mampu tertampung saluran air tersebut.

“Kemudian, tim langsung membersihkan saluran air yang tersumbat oleh tumpukan sampah,” jelas Budi.

Menurut Budi, pihak DPU terus melakukan peninjauan sejumlah titik banjir di Kota Tangsel. Selain itu, pembangunan jembatan dan normalisasi drainase guna mengurangi titik banjir tersebut.

DPU juga turut mengimbau warga agar aktif melaporkan masalah infrastruktur dengan mengadukan lewat Simanja, yang bisa diakses 24 jam. Selain itu, bisa juga menyampaikan informasi melalui nomor telepon pengaduan (021) 758-754-38 nomor tersebut aktif selama jam kantor.

“Aplikasi tersebut sangat mudah digunakan oleh semua kalangan warga Tangerang Selatan,” ujar Budi. (mg-4/esa)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here