Home TANGERANG HUB 2019 Jumlah KPM PKH Ditambah

2019 Jumlah KPM PKH Ditambah

0
SHARE
PENDATAAN: Keluarga penerima manfaat program keluarga harapan, saat didata oleh instansi terkait. FOTO: Zakky Adnan/Tangerang Ekspres

SEPATAN TIMUR – Kementerian Sosial (Kemensos) RI akan semakin memperhatikan masyarakat miskin. Pasalnya, besaran bantuan dan jumlah keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) semakin bertambah.

Demikian disampaikan Bassyarudin, Ketua Forum Pendamping PKH Kabupaten Tangerang kepada Tangerang Ekspres, Selasa (4/12). Ia menjelaskan, komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan jangka panjang melalui investasi sumber daya manusia terus diwujudkan melalui program keluarga harapan (PKH).

Dengan begitu, ia menyampaikan, Kemensos RI mengharapkan PKH dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan kesenjangan sosial di tengah masyarakat.

Hal ini, lanjutnya, dikarenakan masyarakat yang tercatat sebagai KPM PKH memiliki akses bantuan di bidang pendidikan, kesehatan. Bahkan, tambahan modal usaha yang dapat meningkatkan taraf hidup mereka.

Oleh karena itu, setiap tahun, pemerintah akan terus berupaya memberikan bantuan yang semakin baik bagi para keluarga prasejahtera. Salah satu upaya tersebut, yaitu dengan menaikan anggaran yang diberikan kepada KPM PKH.

“Sekarang, KPM PKH dapat bantuan uang sebesar Rp1.890.000 per tahun, yang dicairkan secara berkala setiap tiga bulan sekali. Rencananya, angka bantuan ini naik pada tahun depan,” kata pria yang juga sebagai Koordinator PKH Kecamatan Sepatan Timur itu.

Selain itu, ia menyampaikan, tidak hanya dari besaran bantuan, pemerintah juga akan meningkatkan jumlah penerima manfaat PKH pada 2019 mendatang. Ditargetkan, sebanyak 10 ribu KPM PKH setiap Kabupaten.

Ia menjelaskan, masyarakat yang terdaftar sebagai KPM PKH merupakan masyarakat katagori, antara lain prasejahtera, disabilitas, lansia dan memiliki bayi serta anak sekolah.

Diluar ini, lanjutnya, masyarakat yang sudah terdaftar sebagai KPM PKH. Saat ini, mereka juga menerima bantuan pangan nontunai (BPNT), yaitu pemberian beras dan telur setiap bulan. (mg-2/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here