Home TANGERANG HUB Sampah Median Jalan Masih Marak

Sampah Median Jalan Masih Marak

0
SHARE
SAMPAH: Pengendara melintas di depan tumpukan sampah yang dibuang masyarakat di Jalan Raya Puspiptek, Kecamatan Setu, Kota Tangsel, Minggu (9/12). FOTO: Tri Budi/Tangerang Ekspres

SERPONG-Sampah masih menjadi masalah yang dihadapi Pemkot Tangsel. Khususnya, sampah yang dibuang masyarakat di pinggir jalan. Pemandangan tak elok ini, terlihat di beberapa lokasi.Sampah yang dibuang warga tersebut, kerap menghiasai pemandangan, terutama pagi hari.

Kepala Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Wismansyah mengatakan, ada beberapa lokasi yang menjadi tempat favotit masyarakat membuang sampah. “Masyarakat paling senang buang sampah di pinggir jalan,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (9/12).

Wismansyah menambahkan, lokasi tersebut seperti di sepanjang Jalan Ir. H. Juanda Ciputat, do bawah flyover Ciputat, Jalan Padjajaran (pacuan kuda) Pamulang. Juga, di Jalan Kesehatan Pondok Aren, Pertigaan Tanah Tingal Ciputat, di depan perumahan Panorama Serpong Setu, perbatasan Pamulang dengan Sawangan Depok dan lainnya.

Sampah tersebut, dibuang warga biasanya dari malam sampai pagi hari. Yakni saat pergi ke pasar atau saat berangkat kerja. “Warga mau ke pasar atau berangkat kerja sambil bawa sampah dan dibuang dipinggir jalan,” tambahnya.

Masih menurutnya, sampah-sampat itu rutin dikumpulkan dan diangkut petugas. namun, itu membuat senang bagi pembuangnnya lantaran sampah yang dibuang selalu dibersihkan lagi. Sampah yang dibuang masyarakat rata-rata sampah rumah tangga dan warung.

Sampah tersebut rutin dibersihkan dan diangkut tiap pagi dan jumlahnya bisa mencapai 100 ton tiap hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, DLH tak tinggal diam, salah satunya memasang spanduk himbauan dan larangan buang sampah sembaranagan namun, upaya tersebut sia-sia.

“Warga tidak mengindahkan larangan yang kita pasang dan mengacuhkannya,” ungkapnya.

DLH juga berinisiatif akan menempatkan bak amrol di lokasi yang kerap menjadi tempat warga buang sampah sembarangan namun, terkendala masalah tempat. Masalah yang dihadapi juga karena warga protes lantaran bau sampah, juga mengganggu pengendara.

“Kita akan kerjasama dengan pengurus DKM untuk sosialisasikan larangan buang sampah sembarang. Supaya imbauan larangan buang sampah sembarang disisipkan saat kegiatan di Masjid,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here