Home TANGERANG HUB Wartawan Peduli Bencana Tsunami

Wartawan Peduli Bencana Tsunami

1
SHARE
DENGARKAN KELUHAN: Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin (kiri), sedang mendengarkan keluhan warga korban tsunami Pandegelang. FOTO: PWI Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Banten dan Kabupaten Tangerang mengirimkan bantuan berupa pakaian, peralatan bayi, dan sembako kepada korban bencana tsunami di wilayah Pesisir Banten, Senin (24/12).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin, mengatakan baik itu PWI Kabupaten Tangerang dan PWI Banten turun langsung dan memberikan bantuan agar meringankan beban baik psikis ataupun materil, sebagai bentuk kepedulian organisasi wartawan terhadap korban bencana. “Bukan soal berapa banyak kita memberikan, yang paling penting kepedulian kita,” ujar Sangki, seusai memberikan bantuan.

Selain itu, ia memberikan semangat kepada rekan wartawan untuk terus aktif membantu masyarakat, apalagi korban bencana. “Saya mengetuk hati seluruh pewarta yang tergabung di PWI untuk turut bersama-sama membantu,” lanjut Sangki.

Terpisah, PWI Banten bersama Serikat Media Syber Indonesia (SMSI) membentuk timĀ  Media Crisis Centre (MCC) sebagai pusat verifikasi data yang bersumber dari lembaga pemerintah maupun dari media sosial, sehingga penyebaran berita hoax ditengah bencana dapat diminimalisir.

“Data yang ada di kami ini dapat dipertanggungjawabkan, kerana data yang dikumpulkan dari berbagai sumber telah terverifikasi oleh pihak yang langsung menangani baik di lokasi bencana, posko utama penanganan tanggap darurat, maupun dari pihak Basarnas,” ungkap Nana Sutisna Amdan, Koordinator MCC.

Kata Nana, data yang masuk ke MCC untuk koban jiwa bencana tsunami di wilayah pesisir Kabupaten Pandeglang sekitar 274, luka-luka sebanyak 675, dan 38 orang hilang. Sementara, rumah rusak mencapai 459 unit, kendaraan roda dua 34 unit dan untuk roda empat sebanyak 34 unit serta 997 orang mengungsi.

“Data ini khusus wilayah Pandeglang yang tersebar di Carita, Panimbang, Cigeulis, Sumur, Labuan, Tanjung Lesung, Cibaliung, Cimanggu, Pagelaran, Bojong, Menes, Jiput, Pualu Handeuleum, dan Bayu Asih,” paparnya. (mg-10/mas)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here